News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

KY Bakal Serahkan Usulan Nama Calon Hakim Agung dan Hakim Ad Hoc HAM ke DPR pada 12 Juli 2024

Penulis: Ibriza Fasti Ifhami
Editor: Malvyandie Haryadi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi hakim. Komisi Yudisial (KY) akan menyerahkan nama-nama calon hakim agung dan hakim ad hoc hak asasi manusia (MA) pada Mahkamah Agung (MA) ke DPR RI.

Laporan wartawan Tribunnews, Ibriza Fasti Ifhami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Yudisial (KY) akan menyerahkan nama-nama calon hakim agung dan hakim ad hoc hak asasi manusia (MA) pada Mahkamah Agung (MA) ke DPR RI.

Anggota sekaligus Juru Bicara KY Mukti Fajar Nur Dewata mengatakan, pihaknya akan menyerahkan nama-nama calon hakim yang diusulkan, pada tanggal 12 Juli 2024.

"Pengusulan calon (hakim) ke DPR akan kita usul 12 Juli 2024," kata Mukti, dalam konferensi pers KY yang digelar secara daring, pada Selasa (2/7/2024).

Ketetapan nama-nama calon hakim yang akan diusulkan ke DPR tersebut dilakukan setelah ditentukannya para calon hakim yang lolos tes wawancara.

"Tanggal 8-11 juli 2024 akan diseleksi atau diajukan wawancara oleh 7 komisioner, 2 pakar eksternal, dan masyarakat umum yang bisa hadir ke KY maupun daring," jelasnya.

Lebih lanjut, Mukti menjelaskan, pada prinsipnya KY memiliki standar penilaian seleksi calon hakim yang biasa disebut 'Kamus Kompetensi' dengan indikator-indikator penilaian di dalamnya.

Namun demikian, ia mengagakan, hal itu sifatnya tertutup, sehingga tidak bisa diumumkan kepada publik dan menjadi hak dari Komisi Yudisial.

"Tapi standar ukurannya ditentukan melalui passing grade, melalui pertimbangan pleno KY yang dihadiri oleh 7 komisioner," kata Mukti.

Sebelumnya, Komisi Yudisial (KY) menyampaikan, sebanyak 19 calon Hakim Agung dan 3 calon Hakim Ad Hoc HAM Mahkamah Agung (MA) lolos tahap seleksi ketiga, yakni kesehatan dan kepribadian untuk tahun 2024 ini.

Hal tersebut bedasarkan hasil rapat pleno yang ditetapkan dalam surat Nomor: 9/PENG/PIM/RH.01.04/07/2024 tentang hasil seleksi kesehatan dan kepribadian calon hakim Agung RI tahun 2024.

Tahapan seleksi kesehatan dan kepribadian ini telah dilakukan pada 22-30 april 2024.

Berikut nama-nama calon hakim MA yang dinyatakan lulus seleksi kesehatan dan kepribadian:

I. Kamar Pidana 

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini