News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kronologi 2 Putra Jurnalis Inggris Hilang Saat Mendaki Gunung Agung Bali

Penulis: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Matthen dan Andrew bertahan hidup dengan mengandalkan pelatihan pramuka dan teknik yang dipelajari dari pertunjukan Bear Grylls untuk bertahan hidup hingga bantuan datang.

TRIBUNNEWS.COM, BALI -  Dua putra seorang jurnalis politik GB News Inggris diselamatkan dalam keadaan hidup dan sehat setelah hilang selama 40 jam saat mendaki gunung Agung di Bali.

Reporter GB News Katharine Forster mengatakan putranya, Matthew dan Andrew, yang berusia 22 dan 18 tahun harusnya telah tiba di rumah dari perjalanan sembilan minggu di Asia Tenggara pada hari pengumuman hasil pemilu Inggris pekan lalu.

Namun sebaliknya, Forster menerima panggilan telepon dari teman mereka pada Kamis pagi yang memberitahukan bahwa kabar dari kedua putranya tidak terdengar selama lebih dari 30 jam.

Hal itu setelah keduanya mendaki Gunung Agung setinggi 3.000 meter, gunung berapi tertinggi di Bali – untuk menyaksikan matahari terbit.

Setelah 40 jam hilang di gunung mereka ditemukan "lemas dan kelelahan" oleh seseorang yang mendengar mereka "berteriak minta tolong" dan pihak berwenang mengatakan mereka beruntung bisa selamat.

Proses pencarian oleh tim SAR

Ibu mereka  membagikan kisah luar biasa tersebut di media sosial mengatakan bahwa penyelamat pertama yang mencapai “mengira mereka sudah meninggal”.

Dua pemuda terdampar di gunung berapi yang aktif setelah ponsel mereka mati dan mereka tersesat saat turun melalui hutan dan tidak dapat menemukan rute kembali ke skuter sewaan mereka.

Seorang teman yang khawatir yang mereka temui di Vietnam dan yang tahu bahwa mereka sedang melakukan pendakian, menelepon Kedutaan Besar Inggris pada Kamis pagi.

Hal itu  memicu pencarian yang melibatkan lebih dari tiga lusin responden darurat dari tim pencarian dan penyelamatan setempat serta polisi dan pemadam kebakaran.

“Kamis adalah hari terburuk dalam hidup saya,” tulis Ms Forster di X.

“Namun, teman-teman saya membolos kerja [dan] datang. Menelepon. Teman-teman muda kami yang paham teknologi [dan] teman-teman dari teman-teman kami menyebarkan foto-foto anak laki-laki itu dan lokasi terakhir yang diketahui di media sosial. Kantor Luar Negeri sangat mengagumkan. Tim penyelamat setempat menyisir gunung berapi itu.”

Empat puluh jam setelah mereka mendaki gunung berapi tersebut, Matthew dan Andrew ditemukan setelah penduduk setempat mendengar "suara seseorang berteriak minta tolong", menurut Nyoman Sidakarya, dari tim pencarian dan penyelamatan Karangasem setempat.

Kedua bersaudara itu dalam kondisi "lemas karena kelelahan" saat tim penyelamat menemukan mereka, menurut badan penyelamat.

Sidakarya mengatakan "Mereka beruntung bisa selamat. Kondisi di gunung berapi itu sangat berbahaya."

Menggambarkan putra-putranya sebagai "sangat beruntung bisa hidup untuk menceritakan kisah tersebut", Ibu Forster mengatakan mereka telah menggunakan pelatihan pramuka dan menonton video Bear Grylls secara ekstensif untuk mengumpulkan air hujan dan membangun tempat berlindung.

“Tetapi mereka tidak dipersiapkan dengan baik [dan] seharusnya bersama pemandu. Kata-kata telah dipertukarkan. Syukurlah itu mungkin. Mereka sangat menyesal,” katanya.

Dia menambahkan “Jadi, ketika ibumu (atau siapa pun) menyuruhmu menjelajah dengan sebuah kelompok, orang-orang tersesat dan meninggal, baterai habis, dll., jangan katakan 'Bu, kami tidak bodoh'. Dengarkan. Anak-anak!!”

Ibu Forster membagikan foto kedua putranya saat dalam penerbangan pulang dan berterima kasih kepada rekan-rekannya atas dukungan mereka “dan atas kehadiran mereka di Downing Street kemarin pagi dan hari ini saat saya tidak bisa”.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini