News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Gelar Pendidikan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, Kemenag Perbaharui Sistem LMS

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Anita K Wardhani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Plt Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Prof Abu Rokhmad.

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Agama menggelar Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Jabatan Tahun 2024.

PPG PAI 2024 diikuti 13.409 guru yang berasal dari berbagai jenjang pendidikan.

Baca juga: Kemenag Pastikan Guru Pendidikan Agama Islam Dapat THR Lebaran

Plt Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Prof Abu Rokhmad mengatakan PPG menjadi media yang sangat efektif untuk memacu para guru agama di Indonesia agar memiliki kompetensi sekaligus daya inovasi tinggi.

Pada PPG 2024, panita nasional menambah fitur baru pada learning management system (LMS) dengan komponen aplikasi plagiarism checker (turnitin).

Hal ini dilakukan agar lulusan yang dihasilkan benar-benar memiliki kompetensi dan kualitas tinggi.

"PPG ini merupakan instrumen yang sangat penting, bukan sekadar soal sertifikatnya, namun lebih dari itu bagi bapak dan ibu guru ini sangatlah strategis karena bisa meningkat kompetensinya," kata Abu melalui keterangan tertulis, Sabtu (13/7/2024).

Abu menilai tantangan yang dihadapi guru agama saat ini tidaklah ringan.

Dampak dari perkembangan teknologi yang pesat, para siswa begitu mudah mendapatkan pengetahuan yang diajarkan sangat professional, namun bukan berasal dari sosok guru.

Pengetahuan itu antara lain didapat dari berbagai platform media sosial atau alat pencari yang begitu mudah diakses tanpa mengenal tempat, waktu, dan kondisi.

"Harus disadari bahwa saat ini bapak dan ibu juga harus bersaing dengan guru yang profesional, meski tidak ikut PPG. Siapa dia? Yakni media sosial seperti YouTube dan juga google. Mereka mengajarkan dengan setia dan menemani anak-anak kita. Ini harus disadari, tantangan ibu dan bapak sangat luar biasa," katanya.

PPG 2024 digelar dengan sistem daring dan melibatkan 48 Lembaga Pendidikan Tenaga Pendidik dan Kependidikan (LPTK) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

PPG PAI 2024 digelar dalam dua angkatan (batch). Untuk Batch I Pendalaman materi Batch I dilakukan mulai Juli hingga 3 Agustus dan direncanakan Dijadwalkan selesai awal November.

Sementara untuk Batch II digelar mulai awal Agustus dan dijadwalkan selesai pertengahan Desember 2024.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini