News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pemindahan Ibu Kota Negara

Jokowi Akan Ajak Relawannya ke IKN pada 24 Agustus 2024, Mobilisasi Bertahap Dimulai 5 Agustus

Penulis: Reza Deni
Editor: Muhammad Zulfikar
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno meninjau sejumlah ruangan yang ada di kawasan Istana Kepresidenan Ibu Kota Nusantara (IKN), termasuk Kantor Presiden, Senin (29/7/2024).

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi disebut bakal mengajak para relawannya ke Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur setelah Upacara Kemerdekaan RI, tepatnya pada 24 Agustus 2024.

Hal tersebut dikatakan Ketua Umum Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP) Maret Samuel Sueken.

Baca juga: Prabowo akan Hadir dalam Sidang Kabinet Paripurna Perdana di IKN 

Maret mengatakan bahwa ajakan Presiden Jokowi ini disambut sangat antusias oleh seluruh Relawan Jokowi, khususnya JPKP.

"Meskipun kunjungan baru akan dilaksanakan pada 24 Agustus 2024, gabungan panitia inti akan memulai mobiliasasi dari Jakarta secara bertahap mulai 5 Agustus," kata Maret kepada wartawan, Jumat (2/8/2024).

Maret memastikan panitia akan membuat agenda segalanya berjalan lancar dengan mempersiapkan kebutuhan lokal mulai dari akomodasi, transportasi, konsumsi baik di Kota Balikpapan maupun di IKN.

Baca juga: Fokus Acara 17 Agustus, Acara Kumpul Relawan dan Jokowi di IKN pada 11 Agustus 2024 Ditunda

"Koordinasi ke berbagai pihak sudah dilakukan guna kesuksesan acara ini," kata dia.

Dia memahami soal penundaan acara relawan ke IKN yang semula diagendakan pada 11 Agustus 

Putra asli Balikpapan itu menegaskan bahwa acara ini sangat penting mengingat para relawan Jokowi hadir di seluruh Indonesia.

"Sehingga tentu pesan yang disampaikan akan tersebar luas bahkan sampai Mancanegara melalui jejaring organ-organ Relawan Jokowi yang sangat banyak jumlahnya," kata Maret.

Tenaga Ahli Pembangunan IKN tersebut menegaskan IKN adalah legitimasi sejarah yang akan tercatat sepanjang masa dihati seluruh rakyat Indonesia. 

"IKN akan menjadi Green City yang smart dan ramah lingkungan terbesar di dunia kebanggaan anak negeri dengan ciri dan khas kawasannya sebagai representasi budaya Indonesia asli yang sangat heterogen dan berbudaya tinggi," kata dia.

Maret berharap agar kelanjutan pembangunan IKN bisa melibatkan para pengusaha lokal, tak hanya sebagai sub contractor, tetapi menjadi main contractor dan bersinergi dengan BUMN maupun BUO Badan Usaha Otorita IKN.

Baca juga: Andi Mallarangeng Sebut SBY Tak Bisa Hadiri Upacara HUT Kemerdekaan RI di IKN

"Kunjungan para Relawan Jokowi saat ini selaras dengan pesan Jokowi yang kerap kali disampaikan dalam pidatonya pada saat groundbreaking di beberapa paket proyek, yaitu IKN merupakan kebanggaan bangsa dengan membeli masa depan untuk kejayaan negeri kita sebagai Pemenang dimasa mendatang," katanya

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini