News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kelompok Bersenjata di Papua

Pilot Selandia Baru Tewas Ditembak KKB, Pengamat: Sikap Pemerintah Respons Insiden Jadi Kunci

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Suci BangunDS
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Khairul Fahmi, Institute for Security and Strategic StudiesĀ (ISESS). Pengamat mengatakan respons pemerintah dalam menanggapi penembakan terhadap pilot Selandia Baru yang dilakukan KKB menjadi kunci.

TRIBUNNEWS.COM - Pengamat militer dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS), Khairul Fahmi, buka suara terkait penembakan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terhadap pilot Selandia Baru, Glen Malcolm Conning (50) hingga tewas di Distrik Alama, Mimika, Papua pada Senin (5/8/2024).

Khairul mengatakan, pasca insiden ini, sikap dan langkah pemerintah dalam merespons penyerangan ini menjadi kunci penting.

Dia meminta agar pemerintah segera melakukan langkah strategis seperti melancarkan operasi propaganda sebagai kontranarasi dari KKB.

"Menurut saya, sikap dan langkah pemerintah dalam merespons insiden akan menjadi kunci penting. Pemerintah harus mengambil sejumlah langkah strategis dan operasional secara paralel dan simultan."

"Selain upaya pembebasan sandera sesegera mungkin, operasi propaganda juga perlu sesegera mungkin dilakukan sebagai kontranarasi (dari KKB)," katanya kepada Tribunnews.com, Senin (5/8/2024).

Kontranarasi lewat propaganda ini, kata Khairul, demi menebalkan persepsi negatif publik dan internasional atas aksi teror yang terus dilakukan oleh KKB di Papua.

Di sisi lain, Khairul mengatakan, insiden penembakan ini mencerminkan keamanan di Papua yang sangat fluktuatif.

Dia mengungkapkan, ada dua hal yang bisa dilihat dari peristiwa penembakan terhadap pilot berpaspor Selandia Baru itu hingga tewas.

Baca juga: Sosok Pilot Helikopter yang Dibunuh KKB, Warga Selandia Baru Bekerja di PT Intan Angkasa Air Service

Pertama, Khairul mengatakan, motif KKB melakukan penembakan ini demi memperkuat eksistensinya sebagai gerakan separatis Papua.

"Memang, secara konsisten (KKB) menggunakan praktik-prakti teror yang bertujuan menunjukkan eksistensi, pesan propaganda, sekaligus sikap mereka terhadap upaya-upaya pemenuhan kebutuhan layanan dasar untuk warga masyarakat Papua," jelasnya.

Selain itu, dia juga menilai, aksi semacam ini demi memperkuat narasi tidak becusnya pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat Papua.

Kedua, Khairul menganggap insiden ini semakin meningkatkan kecemasan di kalangan pekerja yang bertugas memenuhi kebutuhan publik di Papua seperti tenaga kesehatan dan tenaga pendidikan.

"Dengan begitu, layanan bisa saja terhambat atau tidak berjalan dengan baik," tuturnya.

KKB Bunuh Pilot Selandia Baru saat Antar Nakes ke Mimika

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini