News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

HUT Kemerdekaan RI

AHY Tiba di Kaltim Jelang Sidang Kabinet, Berharap Persoalan Pertanahan di IKN Segera Terselesaikan

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat tiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu (11/8/2024), untuk sidang kabinet paripurna di Istana Garuda besok.

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, KALTIM - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyatakan harapannya agar persoalan pertanahan yang terjadi di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan sekitarnya bisa segera terselesaikan.

Pernyataan itu disampaikan AHY saat tiba di Kalimantan Timur (Kaltim), Minggu (11/8/2024) atau sehari menjelang sidang kabinet paripurna perdana di Istana Garuda, IKN.

Baca juga: Pak Jokowi, 2 Daerah Penyangga Nusantara Dilanda Banjir dan Longsor Jelang Upacara HUT RI di IKN

Kata AHY, kehadiran dirinya bersama jajaran didampingi petinggi Kantor Wilayah (Kanwil) ATR/BPN, bisa memberikan solusi bagi masyarakat atas persoalan lahan yang terjadi hingga hari ini.

"Jadi teman-teman sekalian mudah-mudahan kehadiran kami di sini (Kalimantan Timur), juga bisa terus menghadirkan solusi urusan pertanahan yang kita tahu juga sering kali kompleks dan penuh dengan tantangan," kata AHY saat ditemui di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu siang.

Meski dia mengakui persoalan tanah selalu menciptakan suatu hal yang kompleks, namun AHY optimistis hal itu bisa diselesaikan secara humanis.

Ketua Umum DPP Partai Demokrat itu menegaskan, ATR/BPN di bawah kepemimpinannya akan terus responsif dan menyikapi apa yang dikeluhkan warga.

"Tapi kami meyakinkan bahwa kementerian ATR/BPN ingin terus memahami apa permasalahan sekaligus juga menjadi responsif terhadap apa yang dikeluhkan oleh warga," kata dia.

Akan tetapi kata dia, dalam menangani persoalan tanah ini memang diperlukan kesabaran dan waktu.

Sehingga, putra sulung Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu, meminta pemakluman dari masyarakat.

Baca juga: Dibawa Empat Purnapaskibraka, Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi Tiba di IKN dari Jakarta

"Mohon dimaklumi karena begitu kompleksnya permasalahan tanah dan tata ruang ini juga membutuhkan waktu dan proses yang perlu kesabaran," ujar AHY.

Sebagai informasi, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Timur (Kaltim), Minggu (11/8/2024).

Berdasarkan pantauan Tribunnews, AHY tiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan sekitar pukul 11.15 Wita didampingi oleh beberapa jajaran ATR/BPN.

AHY menyatakan, kehadiran pihaknya ke Kalimantan Timur adalah untuk melakukan serangkaian agenda kerja.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini