News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Muktamar PKB 2024

Resmi Sebagai Badan Otonom PKB, Berani Siap Jadi Garda Terdepan Penjaga Ideologi Rahmatan Lil Alamin

Penulis: Reza Deni
Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua Umum Berani, Lorens Manuputty, Sekretaris Ardy Susanto dan Dewan Syuro PKB Kh Saifullah Ma’shum.

TRIBUNNEWS.COM, BALI - Badan Persaudaraan Antariman (BERANI) resmi masuk AD/ART Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). 

Masuknya Berani dadi hulam AD/ART PKB jadi hadiah jelang Mukernas I di Jakarta, 30 sampai 31 Agustus 2024.

Masuknya Berani didalam AD/ART PKB yakni pada Muktamar PKB yang diselenggarakan pada 24-25 Agustus, 2024 di Bali Nusa Dua Convention Center.

Ketua Umum Berani, Lorens Manuputty mengatakan masuknya BERANI sebagai oase di Padang pasir. 

Menurutnya, situasi saat ini dimana intrik politik Indonesia seluruhnya jauh dari jalan Tuhan.

Fenomena ini bagi Lorens membuat kegelisahan, mengapa oknum tokoh bangsa mencampurkan kepentingan pribadi dan negara.

"Ini tugas besar Berani, sebagai banom yang ditugasi Gus Imin sebagai kepanjangan tangan PKB ke masyarakat lintas iman yang ada di akar rumput. Kami akan bekerja keras untuk hal tersebut," ujar Lorens kepada wartawan, Minggu (25/8/2024).

Lorens pun akan merapatkan barisan sesuai tugas pokok dan fungsi (TUPOKSI) sebagai garda terdepan penjaga Pancasila. 

Dia juga melihat kekuatan PKB sebagai satu-satunya partai yang mau merangkul dan menjadikan dalam satu wadah para tokoh lintas iman di Indonesia.

"Tidak ada partai lain yang mempunyai wadah bagi para tokoh lintas iman. Maka PKB sebagai Solusi bangsa sangat tepat memasukkan BERANI sebagai Badan Otonom kepartaian," kata Lorens.

Lorens pun mengutip pidato sambutan Ketua Dewan Syuro hasil Muktamar Bali, KH Maruf Amin: PKB yang lahir dari Gerakan Politik Kyai atau dipahami sebagai politik tokoh agama, bukan tokoh agama berpolitik sebagai Politik Rahmatan Lil Alamin.

 "Ini penting agar PKB yang melihat Pancasila sebagai titik temu, maka BERANI didirikan sebagai garda terdepan dalam menjaga Pancasila itu sendiri" lanjut Lorens.

Sementara itu, Sekjen DPP Berani, Ardy Susanto mengatakan sejak deklarasi Berani di Oktober 2022. Kini, tercatat 12 wilayah sudah memiliki bahkan telah melakukan deklarasi di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota.

"Gejolak kegembiraan muncul dari para tokoh lintas iman. Mereka secara mandiri dan urunan dalam melakukan deklarasi di wilayahnya masing-masing," tuturnya.

Ardy membeberkan wilayah yang telah melakukan deklarasi dan memiliki kepengurusan sudah tersebar di seluruh Pulau tanpa terkecuali. 

Pulau tersebut di antaranya mulai dari Sumatera Utara, Banten, Jakarta dengan kepengurusan wilayah penuh, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, Maluku, NTT, Papua Barat Daya.

Baca juga: Wapres Maruf Amin Diangkat jadi Ketua Dewan Syuro PKB: Masuk Rekor MURI Ini

"Wilayah tersebut saat ini sedang menyemai ke kelompok-kelompok agama untuk memperkenalkan Berani sebagai wadah yang betul-betul peduli terhadap komunitas lintas iman," kata Ardy.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini