News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

HLF MSP 2024 akan Digelar di Bali, Bappenas Sebut Wujud Kemampuan Indonesia Bermitra Lintas Sektoral

Penulis: Wahyu Gilang Putranto
Editor: Suci BangunDS
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Bali bakal menjadi tuan rumah pertemuan internasional High-Level Forum on Multi-Stakeholder Partnerships (HLF MSP) 2024 yang digelar pada  1-3 September 2024.

TRIBUNNEWS.COM - Bali bakal menjadi tuan rumah pertemuan internasional High-Level Forum on Multi-Stakeholder Partnerships (HLF MSP) 2024 yang digelar pada 1-3 September 2024.

Direktur Politik Luar Negeri dan Kerja Sama Pembangunan Internasional Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Hendra Wahanu Prabandani, menilai hal itu menjadi bukti kepemimpinan Indonesia dalam solidaritas dan kolaborasi lintas sektoral.

“Meski Indonesia sering kali menjadi tuan rumah perhelatan internasional namun HLF MSP tahun ini yang diadakan di Bali menjadi pembuktian Indonesia juga untuk dapat menyelenggarakan kegiatan internasional tersebut dengan sebaik baiknya,” kata Hendra melalui keterangan tertulis, Rabu (28/8/2024).

Ia menyebut, HLF MSP 2024 menjadi bukti nyata bagaimana Indonesia mampu menggalang kemitraan multi-pihak, mulai dari pemerintah, organisasi masyarakat sipil, sektor swasta, hingga akademisi.

“Forum ini diharapkan menjadi katalisator untuk solusi inovatif dalam menghadapi tantangan global, serta memperkuat peran Indonesia sebagai pemimpin dalam upaya mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) 2030,” jelasnya.

Mengusung tema "Strengthening Multi-Stakeholder Partnerships: Towards a Transformative Change", HLF MSP 2024 diperkirakan akan mempertemukan sekitar 1.000 peserta dari berbagai negara dan organisasi internasional.

Sejumlah isu-isu global akan dibahas, termasuk upaya mempersempit kesenjangan pembangunan antara negara-negara di wilayah selatan dan utara.

“Kita ingin menyampaikan penekanan terhadap pentingnya kolaborasi antarpemangku kepentingan untuk penguatan tindakan kolektif dalam rangka memastikan kolaborasi dan kerja sama yang inklusif, menemukan solusi inovatif untuk menyelesaikan masalah global yang kita tahu semakin hari semakin kompleks,” ujar Hendra.

Menurutnya, gelaran HLF MSP 2024 tidak hanya melanjutkan estafet keberhasilan Indonesia dalam memimpin forum dunia, tetapi juga menjadi manifestasi dari komitmen Indonesia terhadap pembangunan berkelanjutan dan inklusif.

“Presidensi G20 sebelumnya telah menghasilkan Roadmap for Stronger Recovery and Resilience in Developing Countries. HLF MSP 2024 meneruskan estafet dari apa-apa yang sudah dibangun Pemerintah Indonesia sampai saat ini,” imbuhnya.

Baca juga: Pemerintah Sediakan Vaksin Mpox di Pertemuan Kepala Negara Afrika di Bali 1-3 September 2024

3 Fokus Pembahasan

Sementara itu, dikutip dari laman Kemenparekraf, ada tiga fokus pembahasan pada pertemuan HLF MSP 2024.

Pertama, Multi-Stakeholder Partnerships for Strengthening South-South and Triangular Cooperation, yaitu kemitraan lintas negara yang memperkuat kerja sama Selatan-Selatan dan Triangular guna menciptakan solusi bersama dalam menghadapi tantangan global.

Kedua, Enhancing Welfare and Sustainability through Sustainable Economy, yaitu merumuskan strategi kolaborasi untuk meningkatkan kesejahteraan dan keberlanjutan melalui ekonomi yang berkelanjutan dengan menekankan pada pentingnya integrasi lingkungan dalam pembangunan ekonomi.

Ketiga, Advancing Development through Innovative Financing, yaitu mendorong pembangunan melalui pembiayaan yang inovatif, yang menjadi kunci dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan secara efektif.

Dikutip dari laman mspforum.id, sejumlah tokoh Indonesia bakal menjadi pembicara dalam forum itu.

Mulai dari Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi); presiden terpilih, Prabowo Subianto; Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa; Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan; dan Menparekraf, Sandiaga Uno.

(Tribunnews.com/Gilang Putranto)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini