News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Penangkapan Terduga Teroris

Di Tengah Kunjungan Paus Fransiskus, Densus 88 Tangkap Teroris di Bekasi dan Gorontalo

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Febri Prasetyo
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Mabes Polri melakukan penggeledahan rumah seorang terduga teroris di Perumahan Bunga Tanjung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur, Kamis (1/8/2024). Petugas masih melakukan penggeledahan dan membawa sejumlah barang bukti. Densus 88 Antiteror menangkap teroris di Bekasi dan Gorontalo saat adanya kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia yang dijadwalkan selama tiga hari. SURYA/PURWANTO

TRIBUNNEWS.COM - Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia diwarnai aksi penangkapan teroris oleh Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror di dua lokasi berbeda, yaitu di Bekasi, Jawa Barat, dan Gorontalo pada Selasa (3/9/2024) hari ini.

Adapun Densus 88 pertama kali menangkap teroris di Gorontalo berinisial YLK.

Juru Bicara Densus 88 Antiteror Polri, Kombes Aswin Siregar, menuturkan YLK merupakan pentolan dari kelompok teror Al-Qaeda in the Arabian Peninsula (AQAP).

YLK juga disebut pernah berencana untuk melakukan aksi teror di Bursa Efek Singapura.

"Betul, dilaksanakan penegakan hukum terhadap YLK di Desa Mongolato," kata Kombes Aswin saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (3/9/2024).

Aswin mengatakan YLK merupakan anggota AQAP yang pernah melakukan pelatihan di kamp Hudaibiyah, Filipina dari tahun 1998-2000.

Setahun berselang, YLK mengikuti Muqoyama Badar tahap II di Jawa Timur.

Pelatihan ini merupakan program yang digelar oleh kelompok teroris, Jamaah Islamiyah (JI).

Baca juga: Terduga Teroris yang Ditangkap Densus 88 di Bekasi Berprofesi Sebagai Montir

YLK sebenarnya juga pernah ditangkap polisi pada 2003 ketika terbukti memiliki senjata api laras panjang yang merupakan titipan dari narapidana teroris (napiter) Bom Bali I berinisial UM.

"Di tahun 2012, YLK bergabung dengan kelompok Jamaah Anshor Tauhid (JAT) dan mengikuti program pengiriman personal ke Yaman sebagai bagian dari jihad global AQAP," kata Aswin.

Tentang rencana teror ke Bursa Efek Singapura, Aswin mengungkapkan hal itu gagal dilakukan oleh YLK karena berakhir dideporatasi oleh pihak Imigrasi Singapura.

"Pasca 2016, YLK berupaya menghilangkan jejak dengan mengganti identitasnya hingga ditangkap pada Agustus 2024," jelasnya.

Teroris Kembali Ditangkap di Bekasi

TKP bengkel penangkapan terduga pelaku teroris di Jalan Pahlawan, Bekasi Timur, Kota Bekasi pada Selasa (3/9/2024).

Selain melakukan penangkapan di Gorontalo, Densus 88 kembali menangkap teroris di sebuah bengkel motor di kawasan Bekasi Timur, Bekasi pada hari ini.

Dikutip dari Tribun Jakarta, teroris tersebut berinisial FNA (25) yang merupakan warga Perumahan Margahayu, Bekasi Timur.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini