News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Komunitas Seni Napak Jagat Nusantara Meriahkan HUT ke-79 TNI, Tampilkan Musik Tradisi hingga Tari

Penulis: Willem Jonata
Editor: Eko Sutriyanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Komunitas seni dan budaya Napak Jagat Nusantara menampilkan musik tradisional.

Laporan  Wartawan Tribunnews.com Willem Jonata 
 
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  - Napak Jagat Nusantara, komunitas penampil seni dan budaya Indonesia, jadi pengisi Pagelaran Budaya Nusantara dalam rangkaian Peringatan HUT ke-79 TNI di Lapangan Monas, Jakarta 21-22 September 2024.

Mereka bakal menyajikan berbagai keluhuran budaya Indonesia, mulai musik tradisional, tari, wayang golek, hingga komedi.

Napak Jagat Nusantara yang tampil di rangkaian HUT ke-79 TNI merupakan bentuk transformasi dari yang lebih dulu dikenal sebagai Napak Jagat Pasundan (NJP). 

Kelompok pelaku seni dan budaya dari Tanah Pasundan ini telah eksis sejak 2013 dan menjadi bagian dari Komunitas Coklat Kita, termasuk tampil di berbagai panggung seni budaya tingkat nasional hingga ke mancanegara.

Felix Irawan, selaku perwakilan dari Coklat Kita Napak Jagat Nusantara, mengatakan pertunjukan ini khusus dipersembahkan untuk mendukung TNI sebagai garda terdepan Bangsa dan Budaya Indonesia. 

Baca juga: HUT TNI AL Ke-79, Panglima Agus Subiyanto Pimpin Upacara di Atas Kapal Radjiman Widyodiningrat

“Dengan gelaran Napak Jagat Nusantara dari Coklat Kita pada rangkaian Perayaan HUT ke-79 TNI, kami tentu berharap ini dapat menjadi daya tarik sekaligus menginspirasi masyarakat luas untuk semakin mencintai keluhuran seni dan budaya kita,” ungkap Felix Wirawan dalam keterangan.

Sejalan dengan spirit kebersamaan di antara pegiat seni budaya Indonesia, Napak Jagat Nusantara menghadirkan pertunjukan kolaborasi apik dari para seniman lokal maupun seniman yang telah memiliki nama besar di panggung mancanegara.

Beberapa di antaranya E.R Ethnic Percussion feat Kiki Juliar, Manshur Angklung, Dalang Khanha Ade Kosasih Sunarya Giriharja 2 Putu.

Ada pula sejumlah penyanyi yang ikut tampil, antara lain Adella feat Difarina Indra, Sherly KDI, Nurma KDI, Lusyana Jelita, Cantika Nuswantoro, dan Devita Salanatya.

“Kami juga melibatkan berbagai sanggar dan lingkup seni dari Jawa Barat seperti Sanggar Algia dari Pangandaran, Sanggar Cantika Studio dari Kabupaten Bandung, Sanggar Putra Jayabaya dari Cirebon, Sanggar Way Talatah dari Subang, Sanggar Sona Soni dari Sumedang, Kendangers Garut, dan Sanggar Korwar dari Jakarta. Kesenian ini akan dikemas dalam sajian pentas wayang golek, rampak kendang, angklung, dan tarian medley Nusantara,” jelas Felix.

Aksi panggung budaya dari Napak Jagat Nusantara ini tentu semakin menambah semarak rangkaian Peringatan HUT ke-79 TNI yang dimulai 21-22 September di Lapangan Monas Jakarta.

Selain Napak Jagat Nusantara, rangkaian kegiatan meliputi pameran alutsista, donor darah, bakti kesehatan, pembagian sembako, hiburan Band TNI hingga agenda olahraga seperti Panglima TNI Fun Run 5K dan Panglima TNI 10K.

 

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini