News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kabinet Prabowo Gibran

VIDEO Tiga Tokoh yang Menolak Tawaran Jadi Menteri di Kabinet Prabowo, Ada Loyalis Jokowi

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Srihandriatmo Malau
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jelang pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih pada 20 Oktober 2024 mendatang, nama calon menteri beredar luas dan menjadi perhatian.

Namun, di sisi lain, ada tiga tokoh yang menolak masuk kabinet meski sudah ditawari langsung oleh Prabowo, termasuk Luhut Binsar Panjaitan.

Luhut
Purnawirawan jenderal yang merupakan orang kepercayaan Presiden Jokowi, Luhut Bnsar Panjaitan pada 18 Mei 2024 lalu pernah mengungkap dirinya menolak tawaran Prabowo yang meminta dirinya menjadi menteri di kabinet mendatang.

Meski menolak tawaran sebagai menteri, Luhut berkenan jika diminta  menjadi penasihat presiden.

Menurut Luhut, usai menang, Prabowo dan Gibran akan melanjutkan program Presiden Jokowi dan hal itu cukup baginya.

Sebelumnya Luhut memang telah menyatakan niatnya untuk pensiun sebagai menteri usai pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin berakhir Oktober mendatang.

Luhut mengatakan semua hal ada waktunya. Tak terkecuali sebagai pejabat, semua pejabat termasuk dirinya punya waktunya masing-masing.

Luhut merupalakan salah satu menteri yang memiliki pengalaman di berbagai bidang selama era Presiden Jokowi.

Pada pemerintahan pertama Presiden Jokowi (2014-2019), Luhut menjabat sebagai  Kepala Staf Kepresidenan (KSP) dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) serta kemudian menjadi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman.

Pada kabinet pemerintahan kedua Presiden Jokowi (2019-2024), Luhut menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Hashim Djojohadikusumo

Kemudian adik kandung Prabowo yang juga Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo mengaku mendapat tawaran menjadi menteri di era pemerintahan yang dipimpin kakak kandungnya.

Namun Hashim menolak tawaran itu dan beralasan ingin berada di luar pemerintahan.

Dalam sambutannya di acara APEC Business Advisory’s Council Sabtu (31/8/2024), Hashim menyatakan nantinya di pemerintahan Prabowo ia akan mendapatkan jabatan yang sangat terhormat.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini