News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kabinet Prabowo Gibran

Prabowo Panggil Sejumlah Tokoh ke Hambalang Jelang Pengumuman Menteri, Kader PDIP Tak Ikut Dipanggil

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

PDIP memastikan kadernya tidak ada yang ikut dipanggil oleh Ketua Umum Partai Gerindra. Ketua DPP PDIP, Said Abdullah menuturkan partainya tidak masalah kadernya tidak ikut dipanggil Prabowo ke rumahnya di Hambalang, Bogor, Jawa Barat. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden terpilih RI, Prabowo Subianto memanggil sejumlah tokoh jelang pengumuman menteri dalam kabinetnya. 

Namun, PDIP memastikan kadernya tidak ada yang ikut dipanggil oleh Ketua Umum Partai Gerindra tersebut.

Baca juga: PDIP Benarkan Jalin Komunikasi dengan Prabowo dan Nyatakan Dukung Transisi Pemerintahan

Ketua DPP PDIP, Said Abdullah menuturkan partainya tidak masalah kadernya tidak ikut dipanggil Prabowo ke rumahnya di Hambalang, Bogor, Jawa Barat. 

Ia memastikan hubungan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri dan Prabowo tetap baik meskipun nantinya tidak ada kadernya masuk dalam kabinet.

"PDIP sejauh ini belum ada yang datang. Karena bagi PDIP datang dan tidaknya PDIP dengan Gerindra, Ibu Mega dengan Pak Prabowo tetap satu hati," kata Said di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (30/9/2024).

Ketua Banggar DPR RI itu menilai wajar-wajar saja jika banyak tokoh yang dipanggil Prabowo ke Hambalang. Apalagi, Prabowo merupakan presiden terpilih RI.

"Wajar-wajar saja kalau banyak tokoh dipanggilin atau datang satu per satu ke Hambalang karena bagaimanapun de facto dan de jure, Pak Prabowo adalah presiden terpilih," ungkapnya.

Prabowo, kata Said, selaku presiden terpilih RI mulai menyeleksi kandidat yang akan menjadi menterinya. 

Baca juga: Lawan PDIP, Tia Rahmania Tak Berharap Lagi Jadi Anggota DPR: Saya Ingin Bersihkan Nama Baik

Pemanggilan tersebut merupakan bagian dari 'profiling' dari para pembantunya dalam kabinet mendatang.

"Pak Presiden terpilih mulai menyeleksi, mulai melihat profil orang, profil tokoh baik yang di partai politik maupun yang non-partai politik. Itu kan memang kewenangan yang melekat pada presiden terpilih," ujarnya.

Menteri Pertahanan sekaligus Presiden terpilih Prabowo Subianto sebelumnya memanggil sejumlah tokoh ke kediamannya di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, jelang pelantikan presiden dan wakil presiden 2024-2029.

Pemanggilan sejumlah tokoh ke Hambalang ini dilaksanakan pada Jumat (27/9/2024) lalu.

Tokoh-tokoh yang dipanggil oleh Prabowo ke Hambalang ini di antaranya Asisten Khusus Menteri Pertahanan (Menhan) Sjafrie Sjamsoeddin. 

Selain itu, ada mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo.

Kemudian, Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid, dan sejumlah elite Partai Gerindra dan Kabais Letnan Jenderal TNI Yudi Abrimantyo. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini