News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Dewan Perwakilan Rakyat

Okta Kumala Dewi, Politisi Perempuan dari Dapil Neraka Banten III, Dilantik Jadi Anggota DPR RI

Penulis: Erik S
Editor: Febri Prasetyo
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Okta Kumala Dewi (OKD) dari Partai Amanat Nasional (PAN) terpilih sebagai satu-satunya politisi perempuan yang mewakili Dapil neraka Banten III yang terpilih menjadi anggota DPR RI.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Okta Kumala Dewi (OKD) dari Partai Amanat Nasional (PAN) menjadi satu-satunya politisi perempuan yang mewakili dapil neraka Banten III yang terpilih menjadi anggota DPR RI.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) periode 2024-2029 dilantik hari ini. 

Sebelumnya ada politikus Golkar Airin Rachmi Diany. Namun Airin mengundurkan diri karena mengikuti Pilkada Banten.

Okta berhasil meraih 65.106 suara pribadi. Hal ini menegaskan dukungan dan harapan masyarakat terhadap dirinya.

Meskipun jumlah kursi perempuan di DPR RI meningkat menjadi 22,1 persen (128 dari 580 kursi), pencapaian ini masih jauh dari target ideal 30 persen.

Dari PAN sendiri ada 7 Anggota Dewan DPR RI perempuan yang terpilih dan OKD adalah salah satunya.

Di Dapil Banten III, dengan total populasi 6,73 juta penduduk, ada sekitar 3,34 juta perempuan yang kebutuhan dan suaranya perlu diperjuangkan. Harapan keterwakilan perempuan di Banten III kini tertumpu pada OKD. 

Dia berkomitmen untuk memperhatikan isu-isu perempuan di Tangerang Raya, termasuk pemberdayaan ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan perlindungan terhadap kekerasan berbasis gender.

“Saya bertekad untuk menjadi suara bagi perempuan di Tangerang Raya dan akan berjuang agar isu-isu yang dihadapi perempuan mendapat perhatian yang layak di DPR," ujar Okta.

Ia juga menekankan pentingnya kolaborasi dengan berbagai elemen masyarakat untuk menciptakan kebijakan yang lebih inklusif.

Pelantikan ini diharapkan menjadi momentum untuk meningkatkan partisipasi perempuan dalam politik dan memperkuat representasi mereka di tingkat nasional.

Baca juga: Dandan Cuma 30 Menit, Putri Zulhas Pakai Kebaya Nuansa Tapis Lampung Saat Dilantik Jadi Anggota DPR

Dengan dukungan dari masyarakat, diharapkan DPR RI dapat lebih responsif terhadap aspirasi dan kebutuhan perempuan di seluruh Indonesia, serta memberikan dampak positif yang nyata bagi masyarakat di Tangerang Raya.

Dapil Banten 3 adalah Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Tangerang Selatan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini