News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Daftar Lima Perwira TNI AD Berpangkat Mayor yang Jabat Komandan Yonif Penyangga Daerah Rawan Papua

Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menyerahkan Tunggul satuan kepada para Komandan Batalyon Infanteri Penyangga Daerah Rawan (TNI) yang diresmikan di Lapangan Silang Monas Jakarta Pusat pada Rabu (2/10/2024).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto meresmikan pembentukan lima batalyon infanteri Penyangga Daerah Rawan atau PDR di Papua. 

Berikut daftar Komandan Batalyon Infanteri yang seluruhnya berpangkat Mayor.

  1. Yonif 801/Ksatria Yuddha Kentswuri di Kabupaten Kerom yang dipimpin Mayor Inf Edy Wibowo.
  2. Yonif 802/Wimane Mambe Jaya di Kabupaten Sarmi yang dipimpin Mayor Inf Rifqi Muhammad Syuhada.
  3. Yonif 803/Nduka Adyatma Yuddha di Kabupaten Boven Digoel yang dipimpin Mayor Inf Heribertus Purwanto.
  4. Yonif 804/Dharma Bakti Asasta Yudha di Kabupaten Merauke yang dipimpin Mayor Inf Cut Ferizal Yusna.
  5. Yonif 805/Ksatria Satya Waninggap di Kabupaten Sorong yang dipimpin Mayor Inf Daniel Cahyo Purnomo.

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dalam sambutannya menyampaikan pembentukan Yonif PDR upaya untuk mempertahankan keutuhan wilayah Indonesia serta mengantisipasi ancaman dan gangguan keamanan.

"Batalyon ini memiliki tugas yang lebih spesifik, termasuk mendukung ketahanan pangan, menangani ancaman keamanan, dan mendorong pembangunan masyarakat," kata Agus di Lapangan Silang Monas Jakarta Pusat pada Rabu (2/10/2024).

Menurutnya, Yonif PDR membutuhkan keterampilan dan peningkatan yang lebih kolaboratif dibandingkan dengan satuan TNI lain.

"Sehingga dapat mewujudkan Yonif PDR yang PRIMA, merupakan bagian dari komitmen TNI dalam program percepatan pembangunan serta peningkatan kesejahteraan di Indonesia," kata Jenderal Agus.

Prajurit-prajurit yang bertugas dalam yonif-yonif tersebut di antaranya berasal dari berbagai jajaran di antaranya personel organik, Kodam III Siliwangi, Kodam I Bukit Barisan, Kodam Jaya, Kodam II Sriwijaya, Kodam Iskandar Muda, Kodam V Brawijaya, Kosam VI Mulawarman, Kodam XIV Hasanuddin, Kodam XVII Cenderawasih, Kodam XVIII Kasuari, Kodam IV Diponegoro, Kodam XII Tanjungpura, Kodam XIII Merdeka, Kodam IX Udayana, dan Kodam XVI Pattimura.

Lebih lanjut Agus mengatakan lima Yonif PDR tersebut dibentuk untuk membantu program-program pemerintah untuk percepatan pembangunan dan membantu mensejahterakan masyarakat di wilayah Papua. 

Dia menjelaskan, lima Yonif tersebut berada di bawah Komando Kodam XVII Cenderawasih dan Kodam XVIII Kasuari.

Di dalam batalyon-batalyon tersebut, kata dia, terdapat kompi-kompi yang memiliki spesialisasi di antaranya kompi produksi dan kompi konstruksi.

"Kita akan melaksanakan program pertanian di wilayah Papua dan batalyon-batalyon ini akan membantu bersama Kementerian Pertanian dan masyarakat setempat untuk bertanam khususnya padi," kata Agus usai peresmian.

Agus mengatakan saat ini TNI telah mendukung program ketahanan pangan.

Program ketahanan pangan tersebut, kata dia, juga merupakan program TNI di bidang teritorial.

"Untuk di Merauke, kita sudah tanam 1.500-an hektar dan mungkin akhir bulan ini sudah panen. Kemudian juga nanti juga ada sejuta hektar sedang kita buat jalan di Papua dan Kalimantan," kata Agus.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini