News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pertemuan Prabowo dengan Megawati

Bocoran Prabowo dan Megawati Akan Bertemu Sebelum 10 Oktober, Kader PDIP Masuk Kabinet Masih 50-50

Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pertemuan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dengan presiden terpilih Prabowo Subianto dikabarkan akan dilakukan dalam waktu dekat.

Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya mengatakan, dirinya mendapatkan info bahwa pertemuan keduanya dilakukan sebelum tanggal 10 Oktober, atau 10 hari sebelum pelantikan Prabowo-Gibran tanggal 20 Oktober 2024.

"Dari keterangan Pak Prabowo kan menyebutkan rencananya akan dilakukan sebelum pelantikan. Ada bocoran sebelum tanggal 10 Oktober," kata Yunarto dikutip Tribun dalam program Kompas Siang, Jumat (4/10/2024).

Dirinya menjelaskan, jika pertemuan dilakukan sebelum pelantikan maka harapan stabilitas politik saat transisi pergantian kepemimpinan akan berlangsung guyub seperti keinginan Prabowo.

"Istilah yang biasa disampaikan Pak Prabowo yaitu demokrasi guyub. Tapi bisa diartikan jika bertemu sebelum pelantikan jangan-jangan sudah ada kesepakatan PDIP masuk kabinet," ujarnya.

Seperti yang diketahui, Prabowo akan mengumumkan anggota kabinetnya langsung setelah dilantik.

Namun Yunarto menilai ada juga peluang Megawati memaknai pertemuan nanti hanya sebatas silaturahmi.

"Ada peluang 50-50, membaca Ibu Mega dalam sikap politiknya ada peluang juga PDIP di luar pemerintah," ujarnya.

Namun Yunarto berharap jika jadi atau tidaknya keputusan PDIP bergabung atau di luar pemerintah tidak diumumkan sebatas konferensi pers setelah pertemuan Megawati dan Prabowo.

"Saya menduga cerita sepak terjang Bu Mega dalam dunia politik. Secara prosedur Bu Mega sangat saklek jika ada keputusan se-strategis ini jangan hanya berupa konpers, tapi harusnya melalui rapat tertinggi partai bernama kongres. Sehingga kemudian ketika diambil keputusan gabung atau tidak ke pemerintah, memang didasarkan melalui keputusan tertinggi partai," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua DPP PDIP Puan Maharani memiliki peran penting terjadinya pertemuan Prabowo dengan Megawati.

Kepastian mengenai pertemuan ini semakin mencuat setelah Puan Maharani membocorkan menu yang akan disajikan, yaitu nasi goreng. 

Kini, kita tinggal menanti, apakah pertemuan kedua tokoh ini akan benar-benar terwujud dan apakah PDI Perjuangan akan merapat ke pemerintahan mendatang.

Puan mengatakan bahwa pertemuan Prabowo dan Megawati tinggal menghitung hari. 

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini