News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Berintegrasi jadi Ekosistem Omnichannel, Ini Terobosan Blibli Tiket Menjawab Kebutuhan Masyarakat

Penulis: Yosephin Pasaribu
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

George Hendrata, CEO tiket.com; Kusumo Martanto, CEO & Co-Founder Blibli; dan Johartono Susilo, CEO Ranch Market bersama jajaran direksi ekosistem Blibli Tiket. (Istimewa)

TRIBUNNEWS.COM - Dalam rangka menyambut hari ulang tahunnya, PT Global Digital Niaga Tbk atau Blibli (BELI) memaparkan perjalanan dan sederet inovasi yang dimiliki guna memenuhi setiap kebutuhan pelanggan yang berubah dari waktu ke waktu.

Untuk mewujudkan hal tersebut, pada tahun 2022, Blibli memutuskan untuk membangun ekosistem perdagangan omnichannel dan gaya hidup terpadu yakni Blibli Tiket. 

Penggabungan ekosistem ini mengintegrasikan platform e-commerce dan toko elektronik konsumen Blibli, platform online travel agent/OTA Tiket.com, dan gerai supermarket premium Ranch Market.

CEO & Co-Founder Blibli, Kusumo Martanto mengungkapkan, sinergi dan inovasi ekosistem Blibli Tiket bagaikan momentum makan bersama saat ulang tahun, yang mana semua menu tersedia lengkap di atas meja. 

“Seperti halnya komitmen kami dalam memperkuat ekosistem omnichannel terpadu, yang siap memenuhi hampir 90 persen potensi pengeluaran kebutuhan masyarakat Indonesia (menurut survei JakPat). Mulai dari belanja harian, perjalanan, gaya hidup, produk elektronik, otomotif, tagihan bulanan hingga perabot rumah tangga. Itu semua bisa dilakukan tanpa hambatan baik online maupun offline, seketika saat mereka mengakses ekosistem kami,” jelas Kusumo Martanto.

Baca juga: Wow! Blibli Tiket Rewards Sebar THR, Ada Vespa Hingga Samsung Galaxy S24

Inovasi terintegrasi Blibli Tiket

Dalam perjalanan ekosistem grupnya, Blibli Tiket telah meluncurkan enam inovasi untuk meningkatkan kualitas pengalaman pengguna. 

Salah satu inovasi utamanya adalah opsi pembayaran mudah dan terintegrasi di semua platform Blibli Tiket PayLater. Diperkenalkan sejak 2020, metode pembayaran ini telah menjadi salah satu pilihan utama bagi pengguna Blibli, tiket.com, dan juga Ranch Market. Lewat sistem ini, konsumen diperbolehkan untuk membeli kebutuhannya sekarang dan membayar nanti.

Tak sampai di situ, pada tahun 2022 sistem Single Sign-On diterapkan di platform Blibli dan Tiket. Dengan adanya sistem ini, pengguna dapat login ke akun Tiket menggunakan akun Blibli yang sudah ada.

Penggabungan manfaat pelanggan pun secara bertahap dilakukan melalui Loyalty Membership Parity hingga program loyalitas terpadu “Satu Poin Untungnya Dimana-mana” Blibli Tiket Rewards hadir pada tahun 2023,

Menariknya, pengumpulan poin loyalitas Blibli Tiket Rewards kini bisa dilakukan di sejumlah toko fisik seperti Ranch Market, Farmers Market, Hello Store, Samsung Store, dan Blibli Store. Setiap poin yang diperoleh pun bisa digunakan lagi di semua ekosistem Blibli Tiket, baik secara online dan offline.

Tahun ini, sistem keanggotaan Blibli Tiket ditingkatkan menjadi Unified Membership, yaitu penggabungan data pelanggan di ekosistem grupnya yang menawarkan keuntungan menarik bagi pengguna setia.

Sebagai wujud selebrasi, Blibli Tiket mengadakan program fast-track pada 10 Juni hingga 16 Juli 2024 lalu. Program ini menarik lebih dari 145 ribu pengguna baru dengan lebih dari 2.000 pelanggan berhasil ter-upgrade menjadi tier Diamond.

Ada banyak keuntungan yang dirasakan oleh pengguna yang beruntung seperti free airport lounge, tambahan kuota gratis ongkir hingga 10 kali, dan voucher ulang tahun senilai 175 ribu rupiah. 

Ajak pengguna wujudkan sustainable growth lewat Blibli Tiket Action

Tak hanya berfokus dalam memahami kebutuhan konsumennya, Blibli Tiket pun turut berpartisipasi dalam mewujudkan masa depan berkelanjutan dan bumi yang lebih lestari lewat Blibli Tiket Action.

Program berkelanjutan ini fokus pada enam pilar utama yang menjadi dasar berbagai aksi nyata, diantaranya:

  1. Penggunaan sumber daya yang bertanggung jawab: 95 persen kemasan menggunakan daur ulang dan berbasis kertas.
  2. Pengurangan sampah: 59 persen sampah operasional telah didaur ulang.
  3. Pengurangan emisi: Pengurangan 9,3 persen dari total emisi operasional selama tahun 2023.
  4. Pengelolaan data & privasi: Konsisten melakukan perlindungan keamanan data secara komprehensif.
  5. Pelatihan & pengembangan: Rata-rata karyawan mendapatkan durasi pelatihan selama 27 jam per tahun 2023.
  6. Hubungan komunitas: Jumlah penerima manfaat dari program tanggung jawab sosial ekosistem Blibli Tiket meningkat hingga 150 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Digelar selama dua hari, festival Blibli Tiket Action ini berhasil menarik lebih dari 5.000 pengunjung yang diantaranya adalah pelanggan, mitra, dan karyawan melalui acara tahunan Langkah Membumi Festival. 

Acara ini menjadi melting pot yang mempertemukan ratusan ecopreneur, pelaku industri, dan pegiat sustainability dalam aksi kolaboratif demi perubahan nyata untuk memerangi krisis iklim dan menuju ekonomi yang berkelanjutan.

Festival Langkah Membumi ini sejalan dengan tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 4, 12, 13, dan 17, yang menekankan pada pendidikan berkualitas, konsumsi yang bertanggung jawab, penanggulangan perubahan iklim, dan pentingnya kemitraan untuk mencapai tujuan bersama dalam mewujudkan pertumbuhan berkelanjutan di Indonesia.

Inovasi untuk berikan pengalaman superior bagi pengguna 

CEO Ranch Market, Johartono Susilo menjelaskan bahwa sinergi dan inovasi ekosistem omnichannel Blibli Tiket bertujuan untuk memudahkan pelanggan dengan memberikan pengalaman yang superior sekaligus bernilai tambah.

Misalnya, jika ingin berbelanja produk segar berkualitas premium bebas khawatir sepulang bekerja, pengguna bisa berbelanja secara online dan mengambilnya di toko Ranch Market atau Farmers Market terdekat hanya lewat fitur Click&Collect.

Dengan sinergi yang berkesinambungan, Blibli Tiket berharap dapat meningkatkan retensi pelanggan dengan menciptakan value-oriented benefits serta mendorong cross-selling antar platform seperti Blibli Tiket Rewards yang bisa digunakan di ekosistem, baik secara online maupun offline.

Lebih dari itu, inovasi omnichannel yang terintegrasi dalam ekosistem Blibli Tiket pun konsisten dikembangkan dengan beroperasinya 185 toko fisik elektronik konsumen, 62 gerai supermarket, dan 30 Dekoruma Experience Center di seluruh Indonesia sejak akhir bulan Juni 2024.

CEO & Co-Founder Blibli, Kusumo Martanto mengatakan, “Upaya dan terobosan yang kami lakukan ini adalah permulaan dan selaras dengan strategi keseluruhan yakni ekosistem omnichannel terpadu juga terintegrasi.”

“Kami percaya, jika berjalan bersama, apa yang telah kami capai dapat terlampaui. Terima kasih untuk semua pihak yang selalu bersama kami dari tahun ke tahun. Ini adalah permulaan perjalanan bersama. Masa depan menyajikan begitu banyak peluang juga potensi, dan kami ingin mengajak semua menjadi bagian penting atas terobosan kami selanjutnya,” tutup Kusumo.

Baca juga: Perkuat Loyalitas Pelanggan, Blibli Sajikan Program Khusus

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini