News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Semarakkan Hari Sumpah Pemuda, 34.377 Bikers Honda dari Seluruh Indonesia Bersatu di HBD 2023

Penulis: Matheus Elmerio Manalu
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sebanyak 34.377 bikers Honda yang berasal lebih dari 750 club dari seluruh Indonesia bersatu dalam gathering akbar Honda Bikers Day (HBD) 2023.

TRIBUNNEWS.COM, MALANG - Sebanyak 34.377 bikers Honda dari seluruh Indonesia berkumpul dalam sebuah gathering akbar bertajuk Honda Bikers Day (HBD) 2023 yang puncaknya digelar di Lapangan Rampal, Malang, Jawa Timur pada Sabtu (28/10/2023) lalu.

Kegiatan ini merupakan perhelatan akbar tahunan para pecinta sepeda motor Honda. Tahun ini, para bikers Honda yang berasal lebih dari 750 club dari seluruh Indonesia turut membawa semangat persatuan karena bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober.

Kegiatan Honda Bikers Day (HBD) 2023 mengusung tema ‘Bersama Penuh Arti’ yang punya makna mendalam, yakni saling menemani meraih mimpi sekaligus merasakan kesenangan berkendara bersama komunitas Honda yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sempat vakum selama tiga tahun karena pandemi Covid-19, HBD 2023 sekaligus menjadi momen kebersamaan melepas rindu dengan sahabat yang sudah lama tidak bertemu, bahkan juga bisa memperluas hubungan dengan anggota baru lainnya.

Kebersamaan tidak hanya dirasakan oleh para anggota komunitas, tapi juga membawa dampak positif untuk masyarakat luas, terutama UMKM yang terlibat di acara maupun di sekitar acara. Secara tidak langsung, acara ini turut berkontribusi meningkatkan perekonomian daerah penyelenggaraan HBD 2023.

Rangkaian HBD 2023 diharapkan menjadi cerminan loyalitas dan kuatnya ikatan emosional pengguna setia sepeda motor Honda yang makin besar dan tak lekang oleh waktu. Selama acara puncak HBD 2023 di Malang, terlihat juga soliditas lintas generasi dan gender dari kekompakan keluarga bikers Honda yang turut hadir dan berpartisipasi meramaikan acara.

Sambangi tiga pulau besar Nusantara

Sebelum sampai pada acara puncak di Malang, kegiatan HBD 2023 sudah diselenggarakan terlebih dahulu dari tingkat regional di tiga pulau besar, yaitu Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Diawali dengan HBD regional Sumatera di PKOR Way Halim, Lampung pada 23 September 2023 dan digawangi oleh PT Tunas Dwipa Matra sebagai main dealer sepeda motor Honda wilayah Lampung, serta didukung oleh seluruh main dealer wilayah Sumatera lainnya, HBD regional Sumatera berhasil menyatukan sekitar 5.000 bikers.

Keseruan pesta bikers Honda berlanjut di Pulau Kalimantan yang bertempat di Qubu Resort, Pontianak, Kalimantan Barat, pada 30 September 2023. HBD regional Kalimantan ini dimeriahkan oleh lebih dari 2500 bikers dan dihelat oleh Astra Motor Kalimantan Barat, main dealer sepeda motor Honda wilayah Kalimantan Barat serta didukung oleh seluruh main dealer wilayah Kalimantan lainnya.

Tidak berhenti sampai di situ, sekitar 2.000 bikers juga meramaikan HBD Regional di Sulawesi yang digelar oleh PT Daya Adicipta Wisesa, main dealer sepeda motor Honda wilayah Sulawesi Utara serta didukung oleh seluruh main dealer wilayah Sulawesi lainnya. Ajang ini berlangsung di Lapangan Rindam XIII Merdeka, Tomohon, Sulawesi Utara pada 7 Oktober 2023 lalu.


Potret keramaian puluhan ribu bikers Honda dari seluruh Indonesia yang berkumpul di Lapangan Rampal, Malang, Jawa Timur. (ISTIMEWA)

Puluhan ribu bikers Honda dari seluruh Indonesia di Malang

Puncak HBD 2023, AHM bekerja sama dengan main dealer area Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur, PT Mitra Pinasthika Mulia serta dukungan main dealer lain di wilayah Jawa, Bali dan NTB, menjadi tuan rumah puluhan ribu bikers Honda dari seluruh Indonesia yang bersatu di Kota Malang.

Para bikers dari berbagai komunitas dan pecinta sepeda motor Honda mendaftarkan diri secara antusias sejak tanggal 12 Agustus 2023. Tercatat total bikers yang melaju dari berbagai daerah ke Malang, Jawa Timur untuk merayakan kebersamaan pada puncak HBD mencapai 24.877 bikers.

Salah satunya adalah Mirza, yang rela menempuh jarak ribuan kilometer dari Langsa, Aceh untuk menghadiri Honda Bikers Day 2023 di Kota Malang. Dia berboncengan dengan temannya menggunakan motor honda Scoopy tahun 2023.

"Saya menggunakan motor Scoopy tahun 2023, touring dari Aceh tanggal 11 Oktober kemudian sampai di Malang tanggal 27 Oktober, berboncengan dengan teman," cerita Mirza kepada Tribunnews.

"Jumpa juga sama teman-teman komunitas di berbagai kota, jadi makin banyak teman dari berbagai daerah di Indonesia," lanjutnya.

Anggota komunitas Scoopy Langsa Aceh ini menuturkan alasannya menempuh jarak yang amat jauh demi menghadiri HBD 2023 di Kota Malang Jawa Timur.

"Saya ingin datang ke HBD di Malang karena Honda Bikers Day sudah tidak ada selama tiga tahun akibat pandemi Covid-19. Sudah lama tidak berjumpa dengan teman-teman komunitas, terutama yang di Pulau Jawa," jelas Mirza.

Lebih lanjut, Mirza juga mengutarakan alasan kenapa dirinya dan banyak bikers Honda begitu setia mengandalkan sepeda motor Honda untuk kegiatan mobilitas sehari-hari.

"Menurut Saya, Honda itu sudah banyak memberikan saya pengalaman dan perjalanan dalam berkomunitas di Honda. Honda juga sering mengadakan event-event di tempat umum, seperti event safety riding, sehingga kita sebagai pengguna bisa mendapat ilmu berkendara dengan baik dan aman," tutur Mirza.

Akhir kata, Mirza menyebut HBD 2023 sangat luar biasa dan meriah melihat semangat teman-teman Honda dari seluruh Indonesia. Dia berharap untuk ke depannya, acara HBD akan lebih meriah lagi dan bintang tamu yang diundang juga semakin banyak.

Diwarnai kegiatan inspiratif

Setiap tahunnya, penyelenggaraan HBD diwarnai sejumlah kegiatan inspiratif, mulai dari silaturahmi dan gathering antar komunitas, riding test bagi para pengunjung yang ingin mencoba performa sepeda motor honda, hingga kehadiran berbagai UMKM milik warga lokal.

Seperti yang juga terlihat pada HBD nasional di Malang, para bikers melakukan kegiatan sosial inspiratif seperti pemberian prasarana tenda kepada UMKM untuk mendukung usahanya di sekitar Lapangan Rampal.

Selain itu, perwakilan komunitas Honda dari berbagai provinsi yang diinisiasi para Ketua Paguyuban komunitas Honda melakukan gerakan pelestarian peninggalan budaya, yakni membersihkan areal Candi Singosari dan penambahan jumlah tempat sampah.


Keramaian di malam puncak HBD 2023 (ISTIMEWA)

Tak hanya berkumpul dan bersilaturahmi, bikers yang hadir di HBD nasional juga disuguhkan berbagai aktivitas seperti games seru yang makin menguatkan kebersamaan para bikers Honda.

Mulai dari berbagai games perorangan dan kelompok, pameran penjualan official merchandise, lapak bikers, pameran produk sepeda motor Honda, test ride sepeda motor Honda, pertunjukan musik, hingga kontes modifikasi.

Pada malam puncak HBD 2023, para bikers juga disuguhkan ragam hiburan seperti Bikers Ceremony yakni Bikers Parade yang menggambarkan persaudaraan antar komunitas melalui pembacaan Ikrar Bikers Honda. Terdapat juga hiburan tarian tradisional sebagai bentuk wujud pelestarian budaya daerah dan ditutup performa musik.

Sebagai informasi, HBD pertama kali digelar di Pangandaran, Jawa Barat (2009), dilanjutkan di Kiara Payung – Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat (2010), Bromo – Pasuruan, Jawa Timur (2011), Komplek Candi Prambanan, Yogyakarta (2012), Tanjung Tum – Banten (2013), Pantai Pandawa – Bali (2014), Pantai Teleng, Pacitan – Jawa Timur (2015) dan Pantai Boom, Banyuwangi – Jawa timur (2016), Landasan Udara Gading, Gunung Kidul, Yogyakarta (2017), kembali ke Pangandaran-Jawa Barat (2018), lalu menuju Ambarawa, Jawa Tengah (2019).

Pihak AHM mengungkapkan, HBD 2023 bisa diselenggarakan dengan sukses dan penuh keseruan khas bikers Honda berkat dukungan berbagai pihak. Termasuk main dealer dan komunitas Honda seluruh Indonesia, UMKM di wilayah penyelenggaraan, sponsor, serta berbagai elemen masyarakat yang mendukung berlangsungnya gathering akbar puluhan ribu pecinta sepeda motor Honda dari seluruh Indonesia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini