News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Waspadai Gelombang di Samudera Hindia Bisa Mencapai 5 Meter

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi

Laporan Wartawan Tribun Jateng Deni Setiawan

TRIBUNNEWS.COM, SEMARANG - Gelombang air di perairan Samudera Hindia bagian selatan Jawa Tengah, diinformasikan mencapai ketinggian lima meter.

Itu berdasarkan data yang diterima Tribun Jateng, Senin (3/2/2014), dari dua wilayah perairan pantauan Stasiun Meteorologi Maritim Klas III Cilacap.

"Di Perairan Samudra Hindia Selatan Jawa Tengah saat ini, gelombang lautnya bisa mencapai 5 meter," ungkap prakirawan di Stasiun Meteorologi Maritim Cilacap, Nurmaya.

Menurutnya, ketinggian gelombang air laut di perairan tersebut berlaku hingga Selasa (4/2/2014) pukul 00.00 dan akan kembali diperbarui pada hari berikutnya.

"Secara signifikan, rata-rata gelombang di Perairan Samudra Hindia itu mencapai 3 meter, namun tidak menutup kemungkinan bisa mencapai 5 meter," jelasnya.

Sementara di Perairan Cilacap, lanjutnya, rata-rata berkisar 2 meter dan berpeluang ketinggiannya bisa mencapai 3 meter.

"Secara keseluruhan, cuaca di kedua perairan tersebut masih sama hari-hari sebelumnya, yakni hujan," ujarnya.

Dia menambahkan, untuk angin permukaan di kedua perairan tersebut yang bertiup dari arah barat menuju barat laut. Namun kecepatannya berbeda.

"Untuk di Perairan Cilacap kecepatan angin antara 5 hingga 15 knot dan di Perairan Samudra Hindia antara 10 hingga 22 knot," katanya.

Atas data serta hasil prakiraan cuaca serta ketinggian gelombang tersebut, pihaknya meminta masyarakat yang hendak berlayar atau melaut setidaknya untuk sementara waktu ditunda.

Terlebih lagi, tambahnya, kapal yang mereka gunakan tidak dilengkapi alat keselamatan yang sangat memadai sebagai bentuk kewaspadaan di saat melaut apalagi berlayar.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini