News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Gubernur Kalimantan Tengah Setuju Pilihan Jokowi Ibu Kota Indonesia di Kaltim

Editor: Eko Sutriyanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran

Laporan Wartawan Tribun Kaltim Budi Susilo

 

TRIBUNNEWS.COM, BALIKPAPAN - Presiden Joko Widodo menetapkan Ibu Kota Indonesia di Kaltim. Rencana pemindahan ibu kota dari Jakarta dipilih ke Kalimantan Timur.

Banyak awalnya yang menanti keputusan soal ibu kota baru, akhirnya jelang tutup bulan Agustus, Presiden Joko Widodo memberikan kabar Ibu Kota Indonesia di Kaltim.

Sebelumnya kandidat calon ibu kota baru ada tiga provinsi yakni Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur yang dipimpin oleh Gubernur Kaltim Isran Noor.

Lalu Presiden Joko Widodo mengumumkan, kandidat ibu kota baru mengerucut lagi menjadi dua kandiat, yakni Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur.

Tetapi pada akhirnya, berdasarkan kajian mendalam dari berbagai pihak, diputuskan  Ibu  Kota Indonesia di Kaltim.

Menanggapi hal itu, Gubernur Kalimantan Tengah angkat bicara, terkait Ibu Kota Indonesia di Kaltim.

Saat ditemui awak media massa, Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran, mengatakan setuju atas pilihan Presiden Joko Widodo yang sebutkan Ibu Kota Indonesia di Kaltim. 

"Mudah-mudahan menjadi berkah buat semua. Menuju Indonesia bermartabat," tuturnya yang terekam dalam sebuah Facebook, berada di lokasi Kampung Lauk Palangka Raya , 27 Agustus 2019.

Tentu saja, ditetapkannya Ibu Kota Indonesia di Kaltim maka Kalimantan Tengah siap untuk berkontrubusi dalam membangun kemajuan Pulau Kalimantan.

"Harus bersyukur, kita majukan pertanian, peternakan, perikanan. Kita, Kalimantan Tengah harus membuat rencana matang, panggil tim ahli," ujarnya.

Penetapan Ibu Kota Indonesia di Kaltim akan membawa keuntungan juga buat Kalimantan Tengah, daripada ibu kota negara ditentukan di luar Pulau Kalimantan, pastinya Kalimantan Tengah juga akan rugi.

"Ibu Kota Indonesia di Kaltim maka Kalimantan Tengah harus tanggap, bagaimana kita bisa menjadi penyangga bagi kebutuhan ibu kota baru. Kita harus berbenah, bercermin diri," tutur Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran.

Kedepan, setelah adanya kepastian Ibu Kota Indonesia di Kaltim maka Kalimantan Tengah akan terus fokus melakukan pembangunan supaya bisa menjadi penyangga utama dari ibu kota baru yang sudah diletakan di Pulau Kalimantan.

"Bangun infrastruktur, perkuat infrastruktur di Kalimantan Tengah sampai masa jabatan saya habis di 2021," kata Sugianto Sabran. 

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini