News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

CPNS 2020

Peserta Seleksi CPNS Ketahuan Bawa Jimat, Ada yang Diselipkan di Kutang dan Ikat Pinggang

Editor: Imanuel Nicolas Manafe
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Dua buah benda yang diduga adalah jimat yang dibawa dua peserta berbeda saat tes SKD CPNS 2019 di Semarang

TRIBUNNEWS.COM, SEMARANG - Jimat kembali ditemukan dalam proses seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 7 kabupaten dan kota di Jawa Tengah.

Jimat tersebut dibawa peserta saat hendak mengikuti tes.

Baca: Bawa Jimat Saat Tes SKD CPNS 2019, Apakah Bakal Didiskualifikasi? Begini Penjelasan BKN

Sebelumnya diberitakan dua peserta seleksi dari Kabupaten Tegal ketahuan membawa jimat pada saat dilakukan pemeriksaan badan oleh tim pelaksana.

Hari ini, Jumat (7/2/2020), giliran peserta seleksi CPNS dari Kabupaten Brebes ketahuan membawa jimat sebelum memasuki ruangan tes di Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Panitia tes CPNS Aditya Putra menemukan seorang peserta membawa jimat berupa barang yang dibungkus oleh kertas pada saat dilakukan pemeriksaan badan.

"Barang itu sudah langsung disita," jelas Aditya di Udinus Semarang, Jumat (07/02/2020).

Aditya tak membeberkan isi jimat di dalam kertas tersebut, lantaran pemiliknya memohon kepada panitia untuk tidak boleh membukanya.

Dari pengawasan tim pelaksana selama beberapa hari ini, lanjut Aditya peserta yang ketahuan membawa jimat biasanya diletakan di beberapa bagian seperti sabuk dan di dalam kutang.

"Pada saat pemeriksaan badan peserta yang bawa jimat kalau yang wanita selama ini ditaruh di kutang, sementara untuk yang laki-laki di taruh di sabuk," katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Brebes, Narjo, memberikan saran kepada peserta seleksi CPNS untuk percaya pada diri sendiri, memohon restu orang tua dan berdoa kepada Tuhan agar dapat menjalankan ujian dengan lancar.

"Seharusnya peserta tes CPNS itu meminta doa kepada orangtua dan berserah kepada Tuhan. Melalui doa orang tua dengan berserah diri kepada Tuhan, apa yang diinginkan akan tercapai," jelasnya.

Kegiatan tes SKD CPNS ini tengah berlangsung sejak 1 hingga 15 Februari 2020 mendatang.

Baca: Kronologi Pengemudi Toyota Agya Melawan Petugas saat Ditilang, Diduga Hindari Ganjil Genap

Sebelumnya tes SKD telah diikuti peserta untuk CPNS daerah Kabupaten Tegal mulai tanggal 1 hingga 6 Februari 2020 dengan diikuti oleh 12.898 peserta.

Sedangkan tes SKD untuk daerah Kabupaten Brebes diikuti oleh 2.960 peserta.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Ragam Cara Peserta CPNS Sembunyikan Jimatnya, Taruh di Balik Baju hingga Ikat Pinggang

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini