News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Pasang Indikator Ketinggian Air Laut di 4 Titik

Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP Ganis Setyamingrum saat memasang indikator debit air sederhan di wilayah pesisir Surabaya.

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Musim peralihan dengan cuaca ekstrem di Surabaya diprediksi masih akan berlanjut hingga awal tahun 2021 mendatang.

Wilayah pesisir menjadi salah satu wilayah yang rawan terkena dampak cuaca ekstrem.

Melihat potensi kerawanan tersebut, Polres Pelabuhan Tanjung Perak bersama tiga pilar memasang indikator debit air pasang di wilayah pesisir di antaranya empat titik yakni Bulak Cumpat, Nambangan, Tambak Wedi dan Kejawan Lor.

"Memasuki pancaroba, memang seperti yang sudah diprediksi okeh BMKG akan ada gejala-gejala perubahan cuaca sangat ekstrem. Termasuk kejadian kemarin air yang pasang dan angin yang kencang mengakibatkan beberapa perahu nelayan rusak. Berdasarkan itu kami memasang rambu atau indikator debit air di wilayah pesisir ini," kata Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP Ganis Setyaningrum, Sabtu (14/11/2020) di lokasi.

Baca juga: Pantau Lokasi Rawan Bencana Gunung Merapi Secara Real Time dengan Cara Ini

Indikator tersebut dibuat dari peralatan yang sederhana dan murah. Memiliki tiga warna indikator debit air yakni hijau, kuning dan merah.

"Indikator warna ini berhubungan dengan kebiasaan para nelayan. Jaraknya sekitar dua meter per warna. Kalau biasanya jam 1 siang, debit air itu ada diketinggian dua meter. Tapi kalau sampai lebih itu patut diwaspadai. Nah ini lah yang kemudian kami edukasikan ke masyarakat pesisir," tandasnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunjatim.com dengan judul Siaga Bencana, Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Pasang Indikator Ketinggian Air Laut

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini