News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Cerita Warga Sholat Ghaib untuk Kapten Afwan di Masjid Ad-daulah yang Pernah Direnovasinya

Editor: Endra Kurniawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Captain Afwan semasa muda (kiri) - Cerita Warga Sholat Ghaib untuk Kapten Afwan di Masjid Ad-daulah yang Pernah Direnovasinya

TRIBUNNEWS.COM - Sejumlah warga di Perum Cibinong Endah, Sukahati, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat menggelar sholat ghaib untuk Kapten Afwan Rahimahullah Zamzami.

Kegiatan ini digelar di Masjid Ad-daulah yang ada di perumahan tersebut.

Sedangkan tujuannya untuk mendoakan yang terbaik untuk Kapten Afwan yang juga merupakan ketua panitia pembangunan Masjid Ad-daulah.

Diketahui sebelumnya, Kapten Afwan turut menjadi korban insiden jatuhnya Sriwijaya Air SJ 182 di Perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, pada Sabtu (9/1/2021) lalu.

"Kita doakan yang terbaik untuk Kapten Afwan di masjid (Ad-daulah) ini," ucap imam sholat ghaib memimpin doa bersama sebelum shalat dimulai.

Baca juga: Keluarga Captain Afwan Ikhlas jika Jasad Almarhum Tak Ditemukan: Menerima Apapun yang Terjadi

Dalam kesempatan itu, para jemaah yang juga merupakan kerabat dan tetangga ini pun turut mendoakan keluarga korban agar diberi kekuatan dan kesabaran.

Sahabat sekaligus tetangga Kapten Afwan, Saeful Anwar (66) mengatakan, kegiatan sholat ghaib sebagai bentuk belasungkawa serta doa atas musibah yang menimpa pilot Kapten Afwan dalam insiden pesawat jatuh.

Ia memastikan bahwa sholat ghaib ini menerapkan protokol kesehatan dengan membatasi jumlah orang dan menjaga jarak antar-jemaah.

Belasan jemaah menggelar sholat ghaib untuk pilot Sriwijaya Air SJ 182 Captain Afwan di Masjid Ad-daulah di Perum Cibinong Endah, Sukahati, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (15/1/2021). ((KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN))

"Karena jenazahnya tidak ada, maka diganti dengan sholat ghaib, tapi sama ketika (ditemukan) ada jenazahnya. Di rumah duka juga kami sudah melakukan sholat ghaib kemarin (Rabu) dilakukan untuk ibu-ibunya saja. Karena ada protokol kesehatannya, jadi dibatasi begitu juga di sini," kata dia saat ditemui usai sholat ghaib.

Saeful mengatakan bahwa rangkaian sholat ghaib ini digelar atas permintaan istri Kapten Afwan, Pipit Rahmawati (35).

Ia mengungkapkan bahwa seluruh keluarga telah mengikhlaskan kepergian sang pilot.

Kendati demikian, sepekan pencarian korban pihak keluarga masih punya harapan agar seluruh jenazah para korban dapat segera teridenfikasi dan ditemukan.

"Alhamdulillah pihak keluarga ikhlas, sudah menerima apapun yang terjadi baik jasadnya ketemu, maupun tidak. Dan sudah diputuskan insya Allah jika jasadnya ketemu, maka kami akan melakukan shalat jenazah dan dimakamin di Pondok Rajeg," jelas dia.

Baca juga: Sampai Kemarin Jenazah Captain Afwan Pilot Sriwijaya Air SJ182 Belum Ditemukan, Keluarga Lakukan Ini

Sosok Kapten Afwan

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini