News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Virus Corona

Kesaksian Dokter Pribadi Tentang Kedermawanan Pengusaha Akidi Tio yang Jadi Buah Bibir Masyarakat

Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Prof dr Hardi Darmawan, dokter pribadi keluarga Akidi Tio.

TRIBUNNEWS.COM, PALEMBANG -  Kisah tentang kedermawanan keluarga pengusaha asal Langsa, Aceh Timur, Akidi Tio, membantu masyarakat masih menjadi buah bibir setelah menyerahkan sumbangan Rp 2 triliun untuk membantu Pemerintah Provinsi Sumatera menangani pandemi Covid-19. 

Ternyata, keluarga Akidi Tio selama ini juga sudah banyak memberikan bantuan untuk warga Sumsel namun selama ini tidak pernah dipublikasikan ke masyarakat.

Banyaknya nilai bantuan yang didonasikan keluarga ini ke Pemerintah Provinsi Sumsel membuat keluarga ini jadi perbincangan masyarakat.

Akidi Tio sendiri sudah meninggal. Mendiang adalah pengusaha asal Kota Langsa, Kabupaten Aceh Timur.

Bantuan Rp 2 triliun tersebut diberikan melalui dokter keluarga almarhum Akidi Tio di Palembang, Prof dr Hardi Darmawan.

Bantuan diserahkan langsung kepada Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri yang mengenal keluarga pengusaha itu saat bertugas di Aceh beberapa tahun silam.

"Saya sebenernya adalah dokter keluarga dari almarhum Pak Akidi. Sudah 36 tahun dengan Pak Abidi," ungkap Prof dr Hardi Darmawan.

Penyerahan bantuan dana Rp2 Triliun dari keluarga alm Akidi Tio, pengusaha asal Kota Langsa Kabupaten Aceh Timur untuk penanganan covid-19 di Sumsel, Senin (26/7/2021).

"Bila ditambah dengan anak-anak, mantu dan cicit-cicitnya, berarti terhitung sudah 48 tahun saya mengenal keluarga beliau," ujar Prof dr Hardi Darmawan saat ditemui setelah acara penyerahan bantuan di Mapolda Sumsel, Senin (26/7/2021).

Hardi menjelaskan, Akidi Tio adalah seorang pengusaha sukses di bidang pembangunan dan kontraktor.

Meski sukses dalam bidangnya, Akidi Tio semasa hidup tidak pernah lewat dalam memberikan bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan.

Baca juga: Siapa Sebenarnya Mendiang Akidi Tio yang Hibahkan Rp 2 Triliun bagi Warga Sumsel Terdampak Pandemi

Kebiasaan itu juga Akidi Tio ajarkan kepada tujuh anaknya yang kini juga sudah jadi pengusaha sukses dan mayoritas menetap di Jakarta.

Prof dr Hardi Darmawan, dokter pribadi keluarga Akidi Tio.

"Sesuai dengan namanya, Akidi artinya keyakinan. Dia sudah berpesan pada anak, cucu, cicit, kalau kamu berhasil di bidang apapun, jangan lupa menyisihkan untuk orang-orang miskin, itu pesan beliau," ujar Hardi.

Baca juga: Dokter Ini Ungkap Sosok dan Alasan Mendiang Akidi Tio Sumbang Rp 2 Triliun bagi Warga di Sumsel

Menurut Hardi, penyerahan bantuan di Sumsel karena Akidi Tio juga pernah tinggal di Kota Palembang.

Keluarga itu begitu dermawan bahkan kerap memberikan bantuan rutin ke masyarakat.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini