News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Edisi Keempat Acara Bersih Bajo, Ta'aktana Labuan Bajo Gandeng Relawan Bersihkan Pantai Wae Rana

Editor: Dodi Esvandi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ta'aktana Resort & Spa di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, kembali menggelar kegiatan bersih pantai bertajuk 'Bersih Bajo Chapter 4'. Kegiatan yang digelar dalam rangka Hari Laut Sedunia yang dirayakan pada 8 Juni itu digelar di Pantai Wae Rana, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ta'aktana Resort & Spa di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, kembali menggelar kegiatan bersih pantai bertajuk 'Bersih Bajo Chapter 4'.

Kegiatan yang digelar dalam rangka Hari Laut Sedunia yang dirayakan pada 8 Juni itu digelar di Pantai Wae Rana, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Tak sendirian, dalam kegiatan 'Bersih Bajo Chapter 4' ini Ta'aktana Resort & Spa menggandeng mitra penyelenggara yaitu Divers Clean Action (DCA), Marriot International, dan IGNIDE Group.

Mereka mengajak seluruh stakeholders industri pariwisata di Labuan Bajo untuk bersama-sama menumbuhkan pemahaman mengenai pentingnya pelestarian ekosistem laut bagi keberlangsungan hidup manusia.

Ini sejalan dengan tema “Awaken New Depths” yang diadopsi oleh PBB untuk Hari Laut Sedunia tahun ini.

PBB mendorong para pengambil keputusan, pemimpin adat, ilmuwan, eksekutif sektor swasta, masyarakat sipil, selebritas, dan aktivis muda untuk menunjukkan bagaimana hubungan kita dengan laut harus segera berubah.

Sebab upaya pelestarian laut yang dilakukan saat ini baru menyentuh permukaan, jika dibandingkan dengan banyaknya tantangan global yang kita hadapi.

Baca juga: Viral Unggahan Harga Makanan di Kawasan Kuliner Labuan Bajo, Pemkab Manggarai Barat Rapat Internal

Adapun pada kegiatan Beach Clean-Up kali ini manajemen Ta’aktana Resort & Spa menyisir pantai Wae Rana untuk melakukan pembersihan sampah dari area pesisir, permukaan dan dasar laut.

Menurut Peter-Paul Kleiss, Resort Manager Ta'aktana Resort & Spa, pada kegiatan Bersih Bajo tahun ini pihaknya juga menawarkan undangan kepada para tamu resor untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan bersih pantai.

“Sejak resor resmi dibuka pada 31 Mei, kami telah menyampaikan undangan kepada para tamu untuk berpartisipasi dalam inisiatif Bersih Bajo. Melalui partisipasi mereka, kami ingin menyampaikan pemahaman bahwa para tamu pun merupakan bagian integral dalam kolaborasi besar yang berdampak nyata terhadap pelestarian keindahan dan keberlangsungan alam dan laut Labuan Bajo,” kata Peter.

Selain pengumpulan sampah, Ta'aktana Resort & Spa bersama DCA juga memilah dan mendata setiap jenis sampah yang dikumpulkan dari pantai dan laut.

Hal ini penting untuk mengukur dampak upaya pembersihan dari waktu ke waktu.

Sementara Agung Ramos Febriano, Engagement & Sustainability Manager di Divers Clean Action, menekankan bahwa selain menikmati pemberian alam, kita juga bertanggung jawab bersama menghindari tindakan-tindakan yang merusak ekosistem pesisir dan laut.

“Kita juga perlu meminimalisir aktivitas yang mencemari ekosistem laut di Labuan Bajo serta membantu menyelamatkan kehidupan bawah laut yang semakin terancam. Salah satunya akibat sampah-sampah akibat pariwisata yang terbawa oleh arus” jelas Agung.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini