News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kasus Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak Banyak Terjadi di Ciamis, Sekda: Bingung Lapor ke Siapa

Editor: Muhammad Renald Shiftanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi Penganiayaan

TRIBUNNEWS.COM - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Andang Firman Triyadi menyebut banyak kasus kekerasan kepada perempuan dan anak di wilayahnya tak dilaporkan.

Hal tersebut ibarat gunung es, kasus yang terlihat di permukaan hanya sedikit, namun yang sebenarnya terjadi sebaliknya.

Ia menyampaikan fakta tersebut dalam Rakor Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak tingkat kabupaten, Selasa (23/7/2024).

Acara tersebut diadakan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A).

"Kekerasan terhadap perempuan dan anak itu banyak terjadi, hanya saja tidak terlaporkan karena dianggap hal yang wajar dan ketakutan dari si korban untuk melapor karena bingung harus melapor kepada siapa dan kemana," jelas Andang.

Dia khawatir, kasus kekerasan yang terjadi di dalam rumah tangga karena para pelaku kekerasan menganggap wajar tindakannya tanpa tahu dampak hukum yang berlaku.

"Kasus kekerasan banyak terjadi dalam rumah tangga itu sulit melaporkan dan mengawasinya, sehingga para pelaku akan melakukan hal yang sama karena tidak tahu dampak dan sanksi hukumnya sehingga kekerasan pun akan terjadi berulang-ulang," ungkapnya.

Andang berharap dengan adanya rakor ini memudahkan penanganan kasus kekerasan dengan kerjasama semua pihak sehingga tercipta keamanan dan kenyamanan yang lebih baik terhadap perempuan dan anak di Kabupaten Ciamis.

Sementara itu, menurut Kepala DPP2KBP3A Ciamis, Dian Budiana, kekerasan terhadap perempuan dan anak itu terjadi karena kurangnya edukasi dan dukungan sosial dalam penanganan.

"Kasus kekerasan itu tidak ada perhitungan pencapaian akurat berapa persennya karena melihat situasi kasus suatu daerah, hanya saja kita memfokuskan pada penanganannya secepat mungkin kami tindak tiap ada laporan masuk," ujarnya.

Dian menegaskan, diperlukan kerjasama semua pihak untuk penanganan kasus kekerasan pada perempuan dan anak tidak hanya di satu lembaga saja tapi semua masyarakat dan peran media.

Baca juga: FSGI Beberkan Data Kekerasan di Sekolah, Empat Kasus Renggut Korban Jiwa

"Tanpa dukungan dari masyarakat lembaga sosial yang bergerak di bidang pemberdayaan tidak akan efektif kami perlu kan juga peranan media untuk menginformasikan dan menyampaikan serta mengedukasi masyarakat," katanya.

Dian juga mengingatkan, korban kekerasan itu rentan terjadi pada perempuan dan anak yang menjadi objeknya sehingga diperlukan penanganan yang sangat hati-hati untuk menjaga mentalitasnya.

"Banyak korban yang tidak berani melapor makanya diperlukan pendampingan dan pengobatan mental untuk mengembalikan keberanian dan kepercayaan dirinya" tambahnya.

Dalam hal pencegahan, Dian menekankan pentingnya kesadaran masyarakat, terutama terhadap anak-anak yang tidak diasuh oleh keluarga mereka sendiri.

DP2KBP3A Ciamis juga telah melakukan berbagai persiapan untuk penilaian kinerja dinas dalam penanganan kasus kekerasan kepada anak dan perempuan.

Dian mengungkapkan, Kerjasama antar dinas juga menjadi fokus DPP2KBP3A dalam menangani kasus kekerasan anak.

"Semua dinas terkait terlibat dalam penanganan kasus ini. Kami terus memperkuat koordinasi dan pelatihan agar penanganan kasus bisa dilakukan lebih efektif dan efisien," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak di Ciamis Jadi Fenomena Gunung Es, Banyak yang Tak Lapor

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini