News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Penyebab Ribuan Tikus Muncul di Karawang Masih Misterius, Dinas Pertanian: Mungkin karena Hujan

Editor: willy Widianto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kemunculan ribuan ekor tikus misterius di Dusun Cibatu, Desa Kutamakmur, Tirtajaya, Karawang, Jawa Barat menyisakan tanda tanya. Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan(DPKP) sampai menerjunkan tim ke lokasi kejadian untuk meneliti fenomena tersebut.

TRIBUNNEWS.COM, KARAWANG - Kemunculan ribuan ekor tikus misterius di Dusun Cibatu, Desa Kutamakmur, Tirtajaya, Karawang, Jawa Barat menyisakan tanda tanya. Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan(DPKP) sampai menerjunkan tim ke lokasi kejadian untuk meneliti fenomena tersebut.

Baca juga: Peneliti Amerika: Foto Satelit Tunjukkan Israel Serang Gedung Bekas Uji Coba Nuklir dan Rudal Iran

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Karawang, Jawa Barat, Rochman saat terjun ke lokasi kejadian menemukan kejanggalan. Sebab, area persawahan di sekitar pemukiman warga yang diserbu ribuan tikus tidak mengalami kerusakan.

Rochman menduga bahwa fenomena ini dipengaruhi oleh faktor cuaca. Menurutnya, hujan yang turun terus-menerus selama dua hari terakhir kemungkinan menyebabkan lubang-lubang tikus terendam air, sehingga tikus-tikus tersebut mencari daratan.

"Berdasarkan penelusuran kami, kemungkinan itu faktor hujan. Kemarin kan hujan terus di sana, jadi kemungkinan air yang masuk ke lubang tikus memancing mereka keluar mencari daratan," jelasnya, Minggu(27/10/2024).

Baca juga: Disebut Kondisinya Parah, Cat Terkelupas, Bocor hingga Bau Tikus, Ini Foto Rumah Dinas Anggota DPR

Untuk penanganan lebih lanjut, Rochman menyebut bahwa pihaknya sedang berkoordinasi dengan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Jawa Barat dan Kementerian Pertanian(Kementan).

Mereka juga sudah mengimbau warga, khususnya petani, untuk melakukan gotong royong dan menutup lubang-lubang tikus di area persawahan.

"Kita juga sudah imbau ke petani mulai hari ini gotong royong dengan didampingi petugas kita, kalau ada lubang-lubang tikus dimatikan, jangan sampai ada dugaan aneh-aneh terkait fenomena ini," tutup Rochman.

Baca juga: Viral Mie Ayam Isi Kepala Tikus: Klarifikasi Pemilik dan Sumpah di MUI Palangka Raya

Fenomena kawanan tikus yang mendadak muncul di permukiman ini memunculkan kekhawatiran di kalangan warga setempat, dan upaya pencegahan pun terus dilakukan agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

Video kemunculan ribuan tikus tersebut viral di media sosial X(twitter). Dilihat dari akun X(twitter) @bacottetangga tikus-tikus tersebut terlihat merayap di depan pagar sebuah rumah warga. Bahkan ada yang masuk hingga ke kamar mandi.

Baca juga: BSI Lahirkan Bibit Wirausaha Muda Unggulan Aceh

Posisi rumah warga yang dimasuki tikus tersebut posisinya juga berada di dekat persawahan. Sementara di akun X(twitter) lainnya bernama @B3doeL_ juga terlihat tikus-tikus berlarian saat disorot warga menggunakan senter. Tikus-tikus tersebut berlarian kesana kemari saat didatangi warga yang sedang berkeliling dari rumah ke rumah.

Kapolsek Tirtajaya, AKP Hasanudin membenarkan kejadian tersebut. Peristiwa terjadi pada Jumat tengah malam saat warga sedang siskamling. "Tiba-tiba tikus itu menyerang begitu saja. Jumlahnya yang pasti banyak banget," ucap Hasanudin, Minggu(27/10/2024).

Warga semalam pun hanya berusaha mengusir tikus-tikus tersebut ke area persawahan.

"Iya karena di belakang (sawah), itu bukan bidang kita maka selanjutnya sudah dilaporkan ke dinas pertanian," katanya.

Baca juga: Dikira Bangkai Tikus Ternyata Bocah 4 Tahun di Jambi Meninggal dekat Gardu Listrik Badan Menghitam

Dia menyebut, usai kejadian itu personilnya pagi hari mengecek ke lokasi, akan tetapi tikusnya sudah tidak ada.

"Sekarang sih tikusnya sudah nggak ada, semalam tadi juga enggak ada. Mudah-mudahan nggak terulang lagi," kata Hasanudin.

 

Artikel ini telah tayang di Tribun Jabar dengan judul 'Warga Desa Kutamakmur Karawang Dihebohkan Dengan Serbuan Kawanan Tikus di Permukiman'

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini