News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

MotoGP

MotoGP Mandalika 2023 Hadirkan Warna Baru, Atraksi Peresean Jadi Sajian Pembuka Balapan

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Muhammad Nursina Rasyidin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sejumlah pembalap memacu kendaraannya pada seri kedua Moto3 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit (Sirkuit Mandalika), di KEK Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (20/3/2022).

TRIBUNNEWS.COM - MotoGP Mandalika 2023 di Sirkuit Mandalika dirancang ada hal baru nan menarik yang menghias.

Bupati Lombok Tengah, Lalu Pathul Bahri yang berkoordinasi dengan Tourism Development Corporation (ITDC) dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA), berencana menghadirkan suguhan berupa atraksi Peresean pada MotoGP Mandalika 2023.

Atraksi Paresean akan dilaksakan pada pembukaan balapan MotoGP Mandalika 2023 yang berlangsung selama tiga hari, 13 hingga 15 Agustus.

Ide atraksi Peresean di opening ceremony MotoGP Mandalika 2023 mendapatkan sambutan positif dari MGPA.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Lombok Tengah, Lalu Firman Wijaya.

Baca juga: Kronologi Senggolan Maut di Sirkuit Mandalika Penyebab Haruki Noguchi Meninggal 

Kesenian peresean menyita perhatian warga dalam Parade Sumbawa - Lombok di kawasan Car Free Day (CFD) Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Minggu (4/10/2015). Kegiatan dalam rangkaian acara Lombok - Sumbawa Festival 2015 yang diselenggarakan di Kota Bandung ini berlangsung dua hari diisi acara pameran, parade budaya, pentas seni, seminar dan Lombok - Sumbawa Mice Gathering. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)

"Ada rencana untuk menyediakan slot tempat performnya Peresean dari pepadu-pepadu yang sudah papan atas untuk bisa berlaga pada pembukaan MotoGP Mandalika," ungkap Lalu Firman Wijaya, Senin (21/8/2023), seperti yang dikutip dari TribunLombok.

Dia berharap, atraksi Peresean dapat go Internasional lewat penayangan MotoGP Mandalika 2023 ke seluruh dunia.

Persiapan yang dilakukan pemerintah kabupaten Lombok Tengah juga tak tanggung-tanggung.

Ratusan pepadu alias petarung se-Pulau Lombok akan dihadirkan di Lapangan Bundar, Praya, Lombok Tengah dari 18 hingga 24 Agustus 2023.

Mereka adalah pepadu terbaik dari masing-masing kabupaten kota di Pulau Lombok yang dihadirkan dalam ajang Liga Peresean tersebut.

Lalu Firman Wijaya membeberkan, Liga Peresean merupakan gagasan dari bupati dan wakil bupati Lombok Tengah.

"Apa yang berbeda? Kami mencoba membuat Peresean ini menjadi lebih menarik. Adanya Peresean berarti tidak meninggalkan akar budaya kita," ungkap Firman Wijaya.

Mengenal Singkat Atraksi Paresean

Dilansir dari laman Kemenparekraf, atraksi Peresean adalah pertarungan antara dua lelaki yang bersenjatakan tongkat rotan (penjalin) dan berperisai kulit kerbau yang tebal dan keras (perisai disebut ende).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini