News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Timnas Indonesia

Eks Ketum PSSI Ungkap Tabir Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia: Ada Jaminan Uang hingga Pekerjaan

Penulis: Ibriza Fasti Ifhami
Editor: Acos Abdul Qodir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pesepak bola Timnas Indonesia foto Bersama sebelum memulai pertandingan Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia melawan Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (10/9/2024). TRIBUNNEWS/HERUDIN

Laporan Khusus Tim Tribunnews.com

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Naturalisasi merupakan diksi yang akhir-akhir ini menjadi sorotan masyarakat saat membicarakan tim nasional (Timnas) sepak bola Indonesia. 

Mekanisme bagi warga negara asing untuk memperoleh kewarganegaraan Indonesia dengan tujuan agar dapat bermain di skuat Garuda itu kini tengah menjadi tren.
 
Itu terbukti dalam laga Timnas Indonesia kontra Australia yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Selasa (10/9/2024) lalu. 

Pada laga kedua Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia itu, Timnas Indonesia memainkan enam pemain naturalisasi baru. Mereka yakni Jay Idzes, Thom Haye, Nathan Tjoe-A-On, Calvin Verdonk, Ragnar Oratmangoen, dan Maarten Paes. 

Kehadiran enam pemain naturalisasi itu tak ayal kekuatan skuat Garuda. 

Bukan hal yang mengherankan sebenarnya, karena mereka juga bukan kaleng-kaleng. 

Beberapa pemain naturalisasi di Timnas Indonesia saat ini memiliki rekam jejak yang tidak bisa diremehkan pecinta sepak bola di Indonesia. 

Sebut saja satu di antaranya yakni Jay Idzes.

Baca juga: Menelusuri Dugaan Paspor Ganda Pemain Naturalisasi: Ivar Jenner Bangga Punya Kewarganegaraan Ganda

Bek berusia 24 tahun itu kini bermain di klub Serie A Italia, Venezia. Ia pun tercatat menjadi pemain pertama dari Asia Tenggara yang berkiprah di Serie A sekaligus pemain ke-38 Asia yang merumput di kompetisi kasta tertinggi di Negeri Pizza itu.

Selain Jay Idzen, kini skuat Garuda juga diperkuat dengan kehadiran Maarten Paes, seorang penjaga gawang klub sepak bola di Amerika Serikat, FC Dallas.

Pengalamannya bermain di Major League Soccer (MLS) dan menghadapi pemain bintang seperti Lionel Messi, membuat Paes menjadi salah satu personel penting di Timnas Indonesia saat ini.

Terbaru, ada dua nama anyar yang baru melakukan pengambilan sumpah sebagai WNI yakni, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders. 

Keduanya juga bukan pemain kaleng-kaleng. 

Mees Hilgers adalah bek tengah di klub Eredivisie Belanda, FC Twente. Sementara Eliano Reijnders adalah adik kandung dari gelandang AC Milan dan Timnas Belanda, Tijjani Reijnders. Eliano kini bermain di klub Liga Belanda, PEC Zwolle.

Baca juga: Erick Thohir Sesalkan Ulah Oknum Bobotoh: Minta PT LIB Segera Tangani Insiden Kericuhan Suporter

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini