News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konser Terpaksa Berhenti karena Ricuh? Yuk, Pahami 4 Etika saat Nonton Konser!

Editor: Content Writer
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Patuhi etika konser agar idola favoritmu tidak memiliki kenangan yang buruk saat manggung

TRIBUNNEWS.COM - Setelah pandemi usai, banyak artis dari dalam negeri sampai internasional yang sukses menggelar konser di Indonesia. Menjamurnya konser pun membuat semangat penonton menjadi menggebu-gebu setelah sekian lama terbatas karena pandemi. 

Sayangnya, semangat tersebut tak jarang memicu perilaku penonton saat konser berlangsung jadi terlewat batas, bahkan berujung membuat jalannya konser menjadi terhambat. 

Misalnya, konser terpaksa dihentikan karena penonton saling dorong sehingga barikade konser roboh, penonton melempar benda ke atas panggung, jam mulai konser yang mundur akibat penonton yang ricuh serta masih banyak lagi. 

Nah, tindakan tersebut berbanding terbalik dengan perilaku masyarakat Jepang saat menonton konser. Jepang memiliki banyak aturan ketat dan penonton pun disiplin sehingga membuat konser berjalan lancar. 

Maka dari itu, yuk, belajar dari Jepang terkait etika menonton konser agar konser berjalan lancar dan memberikan kesan baik kepada idola yang datang ke Tanah Air. Berikut empat etika saat nonton konser yang harus kamu pahami!

1. Antre dengan tertib

Sebelum masuk ke dalam venue biasanya para penonton konser akan mengantre. Untuk konser festival yang tidak memiliki que number seat akan membuat penonton menjadi tergesa-gesa, menyerobot dan saling mendorong agar bisa dengan cepat masuk ke dalam venue konser. 

Nah, mengantre sebelum masuk ke venue konser selama beberapa jam tentu membuat tubuh merasa lelah, apalagi jika mengantre di luar ruangan dan terpapar langsung oleh sinar matahari bahkan bisa membuat badmood. Tetapi, tindakan seperti menyerobot antrean tidak dapat dibenarkan. Jadi, pastikan kamu tetap mengantre dengan tertib, ya!

2. Tidak menghalangi pandangan orang lain

Saat menonton idola kesayangan tampil di atas panggung pastinya kamu ingin mengabadikan momen tersebut dengan lebih jelas. Akhirnya, tak sedikit penonton yang memaksa untuk lebih dekat dengan maju ke barisan, mengangkat handphone terlalu tinggi atau bahkan ada yang lebih parah lagi yaitu naik ke atas kursi sehingga menghalangi penonton di belakang. 

Wah, jika kamu menemukan penonton dengan perilaku tersebut jangan ragu untuk menegur atau melaporkannya kepada petugas konser, ya!

Kamu tidak perlu untuk mengangkat handphone dengan tinggi apalagi sampai naik ke atas kursi karena hal tersebut pasti sangat mengganggu penonton konser yang lainnya. 

Kamu hanya cukup mengangkat handphone sebatas mata saja, agar penonton lain tidak merasa terganggu. Selain itu, percaya atau tidak, fancam dengan tinggi sebatas mata jauh lebih bagus jika dibandingkan dengan fancam yang tinggi.

3. Jangan melempar benda ke panggung

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini