Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Bappenas Yakin Warga Tidak Kaget Jika Harga BBM Naik

danya exercise tersebut masyarakat tidak akan terlalu kaget dengan kenaikan harga BBM

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
zoom-in Bappenas Yakin Warga Tidak Kaget Jika Harga BBM Naik
tribun timur/muhammad abdiwan/muhammad abdiwan
Menteri PPN dan Kepala Bappenas Armida Alisjahbana membuka musyawarah perencanaan pembangunan provinsi (musrenbangprov) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Perencanaan Daerah (RKPD) 2015 di Hotel Grand Clarion Makassar, Senin (24/3). Musyawarah ini diikuti seluruh unsur terkait seperti Gubernur, Bupati, Walikota dan kepala dinas. (tribun timur/muhammad abdiwan) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) sudah melaksanakan exercise terhadap kenaikan harga BBM bersubsidi. Dari exercise tersebut ditemukan sebuah kajian bahwa kenaikan harga BBM Rp 500 akan menimbulkan inflasi 0,6 persen.

Kepala Bappenas Armida Alisjahbana menjelaskan dengan adanya exercise tersebut masyarakat tidak akan terlalu kaget dengan kenaikan harga BBM.

"Kita sudah exercise bertahap. Jadi nggak kagetan," ujar Armida di acara Sinergitas Kadin-BUMN/D, di JCC, Selasa (22/7/2014).

Armida memaparkan untuk meredakan inflasi, masyarakat harus diberikan ketenangan. Salah satu cara yang harus dilakukan presiden selanjutnya bersama pemerintah memberikan kompensasi sosial.

"Kompensasi misal pendidikan kesehatan, tergantung presiden akan datang kompensasinya bagaimana," jelas Armida.

Armida menambahkan dengan kenaikan harga BBM bersubsidi, hal tersebut bisa meningkatkan pemasukan APBN terutama untuk infrastruktur dasar. Cara lain meningkatkan nilai APBN diambil dari pengurangan subsidi untuk listrik.

"Tentu paling mendesak jangka pendek subsidi energi BBM dan listrik, tergantung presidennya," papar Armida.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas