Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pertamina Bisa Jadi Pemain Utama BioAvtur di Dunia

Dengan adanya rencana campuran biofuel dari Bahan Bakar Nabati ke avtur, Garuda dinilai pemerintah mengonsumsi paling banyak bioavtur.

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Rendy Sadikin
zoom-in Pertamina Bisa Jadi Pemain Utama BioAvtur di Dunia
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Suasana pengisian bahan bakar minyak (BBM) di Depo Pertamina Plumpang Jakarta Utara, Jumat (21/6/2013). Mengantisipasi lonjakan konsumsi BBM subsidi jelang kenaikan harga, Pertamina telah menyiapkan stok BBM di masing-masing stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) untuk kebutuhan 18-19 hari. Selain itu Pertamina juga merencanakan impor 1,2 juta barel solar, 1 juta barel premium dan 120 ribu barel avtur untuk stok aman sebulan ke depan, bahkan menjelang puasa dan Lebaran. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Garuda Indonesia tahun lalu telah menyantap 1,8 miliar liter avtur. Dengan adanya rencana campuran biofuel dari Bahan Bakar Nabati ke avtur, Garuda dinilai pemerintah mengonsumsi paling banyak bioavtur.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan Konvensional Energi (EBTKE) Rida Mulyana menjelaskan jika konsumsi bioavtur di sektor penerbangan domestik, PT Pertamina (persero) bisa menjadi penjual bioavtur terbanyak di dunia.

"Paling banyak penerbangan ya Garuda, tidak menutup kemungkinan Pertamina jualan biofuel karena feetstok kita punya, maskapai banyak, bandara banyak, jualan lah disitu," ujar Rida di kantor Kementerian Perhubungan, Selasa (26/8/2014).

Rida memaparkan Indonesia bisa menjadi potensi pasar tersendiri. Pasalnya sudah ada pabrik di Gresik yang memproduksi biofuel sudah dibangun. "Bisa menarik pengusaha masuk kesini. Ini untuk kelangsungan program ini mulai jalan," jelas Rida.

Hingga kini pemakaian biodiesel mandatory, semester 1 sudah mencapai 50 persen dari target. Meski ada beberapa kendala, Pertamina selalu memperbaiki waktu ke waktu.

"Kita bisa melayani seluruh pelosok Indonesia. Namanya distribusi BBM, di Indonesia paling tersulit di dunia dilihat secara geografis," ungkap Rida.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas