Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Indonesia, Malaysia dan Thailand Akan Mengurangi Ekspor Karet

Tiga negara penghasil karet alam menyatakan akan mendongkrak konsumsi karet di pasar domestik serta mengurangi ekspor

Editor: Budi Prasetyo
zoom-in Indonesia, Malaysia dan  Thailand Akan Mengurangi Ekspor  Karet
Getah karet 

TRIBUNNEWS.COM.KUALA LUMPUR- Indonesia, Thailand, dan Malaysia—tiga negara penghasil karet alam menyatakan akan mendongkrak konsumsi karet di pasar domestik serta mengurangi ekspor. Keputusan ini merupakan upaya menopang harga karet dunia, yang telah anjlok lebih dari 30% menyusul ramalan kelebihan pasokan.

Karet dari Indonesia dan dua negara tetangga ini mencakup dua per tiga dari total produksi karet alam dunia. Karet merupakan sumber penghasilan yang penting bagi jutaan petani Asia Tenggara.

Ketiga negara telah setuju untuk meningkatkan pemakaian karet di pasar dalam negeri masing-masing sebesar 10%. Peningkatan itu akan dilakukan dalam sektor konstruksi infrastruktur seperti jalan dan bendungan.




Pernyataan itu disampaikan melalui siaran pers Dewan Karet Tripartit Internasional (ITRC) setelah pertemuan tingkat menteri di Kuala Lumpur. Dewan beranggotakan tiga negara itu mengatur pasokan karet alam.

Meski demikian, dewan tersebut tidak memperinci cara-cara yang akan ditempuh untuk mengelola pemangkasan ekspor ataupun volume persis pengurangannya.

Ketiga negara juga mendirikan sebuah bursa karet regional, yang diharapkan bisa rampung dalam 18 bulan.(WSJ)

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas