Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Harga Minyak Dunia Naik karena Raja Arab Saudi Meninggal

Harga minyak mentah melonjak pasca meninggalnya Raja Arab Saudi Abdullah, Jumat (23/1/2015) pagi.

Editor: Sanusi
zoom-in Harga Minyak Dunia Naik karena Raja Arab Saudi Meninggal
http://www.btmagazine.nl

TRIBUNNEWS.COM, SINGAPURA - Harga minyak mentah melonjak pasca meninggalnya Raja Arab Saudi Abdullah, Jumat (23/1/2015) pagi.

Harga minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Maret di New York, melejit 3,1 persen, sesaat setelah pengumuman kematian Abdullah.

Sementara pada awal perdagangan di pasar Asia WTI naik 0,93 dollar AS atau 2,01 persen menjadi 47,24 dollar AS per barel. Sedangkan jenis Brent pengiriman Maret tidak berubah pada 49 dollar AS.




Berdasarkan pengumuman kerajaan Arab Saudi, Raja Abdullah bin Abdulaziz meninggal Jumat, dan akan diganti adiknya oleh Putra Mahkota Pangeran Salman.

Arab merupakan anggota Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) yang bersikeras untuk tidak memangkas produksi, meskipun harga emas hitam ini terus melorot. Negara padang pasir ini menolak usulan anggota OPEC lainnya agar mengurangi gelontoran minyak ke pasar dunia.

Harga minyak telah anjlok lebih dari setengahnya sejak Juni 2014, saat masih di atas level 100 dollar AS per barel, seiring dengan banjirnya pasokan dan melemahnya permintaan global.(Erlangga Djumena)

BERITA TERKAIT
Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas