Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

UKM Harus Naik Kelas

"Mitra-mitra LPDB khususnya, harus bisa naik kelas, jangan hanya jalan di tempat," ujar Kemas Danial

UKM Harus Naik Kelas
TRIBUNNEWS/ADIATMA
Kemas Danial 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) KUMKM Kemas Danial mengatakan, acara Temu Mitra Nasional 2016 dapat memperat hubungan antara LPDB dengan mitra-mitra pelaku Koperasi dan UMKM.

Selain itu Kemas ingin menjaga tingkat kepatuhan mitra dalam pemanfaatan dana bergullr yang disalurkan LPDB.

"Mitra-mitra LPDB khususnya, harus bisa naik kelas, jangan hanya jalan di tempat," ujar Kemas Danial di acara Temu Mitra Nasional 2016 yang digelar LPDB Kemenkop dan UKM, Smesco Jakarta, Kamis (20/10/2016)‎.

Menurut Kemas Danial, pihaknya terus melakukan perbaikan sistem, terutama untuk prosedural permohonan maupun pengembalian pinjaman dari LPDB. Pada acara ini, KUMKM sebagai mitra LPDB akan mengikuti sharing session.

"Paling tidak, mereka bisa memahami secara jelas prosedur akses pembiayaan yang terus diperbaiki guna peningkatan pelayanan kami," jelas Kemas Danial.

Tak hanya itu, Kemas juga akan mensosialisasikan peraturan baru tentang proses peminjaman kredit. Hal itu untuk mencegah potensi penyelewengan dana bergulir.

"Semua dana yang kami berikan ada resikonya. Jika diselewengkan akan ada hukuman pidananya,” kata Kemas Danial.

Sejak mulai menyalurkan dana bergulir pada 2008, Iembaga ini telah mampu menggulirkan dana lebih dari Rp7,5 triliun. Padahal, menurut Kemas, total dana modal yang didapat dari APBN selama delapan tahun hanya sekitar Rp4,3 triliun. Bahkan, LPDB mampu meraih pendapatan hingga lebih dari Rp1,3 triliun.

"Sebagai BLU (Badan Layanan Umum) di bawah Kementerian Koperasi dan UKM, LPDB bisa dibilang yang paling sukses. Selain laporannya bagus, LPDB juga memberikan kontribusi pendapatan. BLU yang lain malah ada yang negatif," ungkap Kemas Danial.

Dari sisi pencapaian tujuan, lanjut Kemas, total sebanyak 903.230 KUMKM telah diberdayakan LPDB. Adapun jumlah tenaga kerja yang terserap lapangan-lapangan kerja baru yang dibuka berkat kredit LPDB mencapai 1,6 juta orang.

"ltu baru yang riil saja. Belum Iagi efek dominonya terhadap lapangan kerja yang lain," Kemas Danial.

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas