Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Tunggu Pengumuman Suku Bunga Acuan, Laju Rupiah Bergerak di Zona Hijau

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada perdagangan Rabu (16/11/2016) pagi bergerak di zona hijau.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Tunggu Pengumuman Suku Bunga Acuan, Laju Rupiah Bergerak di Zona Hijau
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Petugas memperlihatkan pecahan dolar AS yang akan ditukarkan di salah satu gerai penukaran mata uang asing di Kawasan Blok M, Jakarta, Senin (24/8/2015). Nilai tukar Rupiah terhadap dolar AS dibuka di kisaran Rp 14.006 dan sempat mencapai posisi tertinggi pada level Rp 14.017 karena imbas dari perang mata uang (currency wars). (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada perdagangan Rabu (16/11/2016) pagi bergerak di zona hijau.

Berdasarkan data Bloomberg, rupiah dibuka menguat tipis 1 poin ke level Rp 13.369 dari posisi penutupan perdagangan kemarin Rp 13.368 per dolar AS.

Seiring berjalannya waktu perdagangan, sekitar pukul 08.20 WIB penguatan rupiah berlanjut ke level Rp 13.358 per dolar AS.

Analis PT Samuel Sekuritas, Rangga Cipta mengatakan, pergerakan rupiah mulai stabil pada kisaran Rp 13.300 per dolar AS walaupun tekanan eksternal masih membayangi laju rupiah.

Menurut Rangga, pelaku pasar saat ini menunggu hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia yang akan mengumumkan suku bunga acuan atau 7day Repo Rate, dimana diperkirakan akan dipertahankan pada level 4,75 persen.

"Rupiah berpeluang mengoreksi depresiasinya hari ini, walaupun secara umum tekanan eksternal terjaga. Bank Indonesia pun masih aktif di pasar valas dan SUN di tengah aliran keluar dana asing," kata Rangga.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas