Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Nasabah Lebih Suka 'Complain' Layanan Bank via Sosmed

Nasabah lebih memilih menggunakan media sosial untuk bertanya ataupun menyampaikan keluhan mengenai suatu produk dan layanan perbankan.

Penulis: Fajar Anjungroso
zoom-in Nasabah Lebih Suka 'Complain' Layanan Bank via Sosmed
Harian Warta Kota/henry lopulalan
Petugas sedang menunjukan inovasi layanan baru dan produk baru Bank Central Asia (BCA) secara online pada sykuran HUT ke-60 di Menara BCA Jalan MH Thamrin, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (22/2/2017). Dalam momentum ulang tahun ke-60 BCA, BCA menghadirkan produk dan layanan terbaru seperti, Paspor BCA, eBranch BCA, Halo BCA Chat, serta Virtual Assistant Chat Banking BCA (Vira) yang memberikan informasi dan promosi seputar BCA kepada pengguna aplikasi Vira. (Warta Kota/Henry Lopulalan) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Belakangan ini hubungan perbankan dengan perusahaan fintech makin mesra.

Bahkan mengacu pada data Maverick Banking Media Performance Report Q1-2018 menemukan fenomena sinergi antara Bank dengan perusahaan fintech untuk memperluas akses layanan perbankan.

Contohnya, Bank Mandiri dengan OVO perusahaan penyedia pembayaran digital. BRI juga menggandeng GO-PAY untuk memperkuat layanan perbankan.




Sementara Bank Danamon menyepakati perjanjian kerja sama dengan DOKU meluncurkan dompet elektronik D-Wallet.

Tak hanya itu, laporan yang sama juga memantau percakapan official account berbagai bank di media sosial.

Kesimpulannya, nasabah lebih memilih menggunakan media sosial untuk bertanya ataupun menyampaikan keluhan mengenai suatu produk dan layanan perbankan.

Laporan ini juga mengungkapkan bahwa kemajuan teknologi turut mempengaruhi cara nasabah menyampaikan keluhan mereka kepada bank.

Baca: Besok, Tol Bocimi Seksi I Bisa Dilalui untuk Mudik Lebaran

BERITA TERKAIT

Hal ini terlihat semakin berkurangnya jumlah surat pembaca di media cetak yang berisikan keluhan terhadap layanan perbankan, dan meningkatnya jumlah keluhan nasabah di sosial media.

Akun twitter @haloBCA merupakan akun Twitter paling aktif dan tercatat melakukan 66.470 cuitan sepanjang kuartal pertama 2018.

Jumlah ini mencakup cuitan original dan cuitan balasan atas cuitan nasabah kepada @haloBCA.

Sementara di peringkat kedua ada akun @kontakBRI dengan 22.404 cuitan dan di ketiga tedapat akun @mandiricare dengan 16.555 cuitan.

“Kecepatan bank dalam merespon pertanyaan maupun keluhan nasabah merupakan kunci penanganan keluhan agar tidak terjadi viral dan menjaga reputasi bank tetap terjaga,” ujar Manager Research Maverick, Charlie Tjokrodinata dalam keterangan tertulis.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas