Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Tahun Lalu, Kementerian ESDM Pangkas 186 Perizinan dan Regulasi yang Menghambat Investasi

Angka tersebut tidak hanya berasal dari sektor migas, namun juga mineral dan batu bara (minerba), listrik serta Energi Baru Terbarukan

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Sanusi
zoom-in Tahun Lalu, Kementerian ESDM Pangkas 186 Perizinan dan Regulasi yang Menghambat Investasi
Fitri Wulandari
Menteri ESDM Ignasius Jonan saat hendak menyampaikan capaian kerja Kementerian ESDM tahun 2018 di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Jumat sore (4/1/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejumlah capaian telah dipaparkan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada 2018, termasuk pemangkasan perizinan dan regulasi yang menghambat laju investasi.

Terhitung total 186 perizinan dan regulasi telah dicabut sepanjang tahun 2018.

Angka tersebut tidak hanya berasal dari sektor migas, namun juga mineral dan batu bara (minerba), listrik serta Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE).

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan bahwa pemangkasan perizinan dan regulasi itu memang dilakukan sesuai dengan aoa yang diperintahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca: Jelang Debat Capres: SBY Jadi Mentor Prabowo, Kalau Jokowi Siapa yang Jadi Mentornya?

Selain itu pencabutan tersebut juga dilakukan untuk menciptakan iklim investasi yang bersahabat, sehingga diharapkan laju investasi tidak terhambat.

"Sesuai arahan Presiden, kita pangkas perizinan dan birokrasi untuk menciptakan iklim investment friendly, mendukung pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja," ujar Jonan, di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Jumat sore (4/1/2019).

Untuk sektor migas, ada 56 perizinan maupun regulasi yang dicabut, sementara itu terbanyak bersumber dari sektor minerba dengan 96 regulasi dan perizinan.

BERITA REKOMENDASI

Lalu 20 regulasi di sektor listrik serta 14 regulasi dan perizinan dari sektor EBTKE.

Namun untuk regulasi dan perizinan terbanyak yang dicabut itu bersumber dari sektor minerba dengan 32 regulasi dan 64 perizinan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas