Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Dirut AP2: Penurunan Jumlah Penumpang Bandara Dipicu Kenaikan Harga Tiket

penurunan jumlah penumpang terjadi terutama untuk rute-rute penerbangan jangka pendek di wilayah Jawa

Dirut AP2: Penurunan Jumlah Penumpang Bandara Dipicu Kenaikan Harga Tiket
TRIBUNNEWS.COM/RIA A
Presiden Direktur AP II Muhammad Awaluddin dan Dirjen Perhubungan Udara Polana B Pramesti 

TRIBUNNEWS.COM, PALANGKARAYA - Tren kenaikan harga pesawat terjadi sejak 2018 lalu ternyata berdampak pada jumlah penumpang di bandara yang kian menurun.

Direktur Utama Angkasa Pura II ( AP II) Muhammad Awaluddin mengatakan, penurunan jumlah penumpang terjadi terutama untuk rute-rute penerbangan jangka pendek di wilayah Jawa.

"Sangat tergantung dari posisi bandara sama rute-rute yang jadi pilihan masyarakat, rata-rata rute jarak pendek memang terpengaruh kaya Yogyakarta - Jakarta, Jakarta - Semarang, Jakarta - Solo," ujar Awaluddin di Palangkaraya, Senin (8/4/2019).

Keberadaan pilihan moda transportasi lain lantaran sudah berfungsinya tol Trans Jawa menimbulkan adanya pergeseran moda transportasi masyarakat. Namun, Awaluddin masih menghitung besaran dari penurunan jumlah penumpang pesawat tersebut.

Baca: Sambut Bulan Ramadhan, Cut Meyriska Buka Bisnis Pakaian Muslim

"Kami masih menghitung karena dinamis ya dan mereka ini juga di samping masyarakat punya pilihan berbagai alternatif, hal lain juga berkaitan dengan kesiapan alat produksi. Seperti Lion Air kan harus mengandangkan 10 armada 737 Max 8nya," ujar dia.

Namun, Awaluddin mengatakan, untuk rute-rute penerbangan jarak jauh tidak terlalu berpengaruh dengan kenaikan harga pesawat ini.

Selain itu, Bandara Soekarno Hatta yang menjadi hub dari seluruh rute penerbangan di Indonesia pun cenderung tidak terpengaruh dengan tren kenaikan tiket pesawat tersebut. Selain rute domestik jarak jauh, penerbangan rute internasional juga tak terpengaruh.

"Rute-rute yang cukup jauh kebanyakan masyarakat memang memilih moda trasnportasi udara. Kondisi cukup berbeda untuk internasional. Internasionak tidak berpengaruh," ujar dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dirut AP2: Harga Tiket Naik, Ada Penurunan Jumlah Penumpang Bandara"

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Sanusi
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas