Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Gelar IBEX 2019, Perbanas Bakal Beri Rekomendasi ke Jokowi soal Industri Jasa Keuangan

Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas) akan kembali menggelar Indonesia Banking Expo (IBEX) 2019 di Hotel Fairmont

Penulis: Ria anatasia
Editor: Sanusi
zoom-in Gelar IBEX 2019, Perbanas Bakal Beri Rekomendasi ke Jokowi soal Industri Jasa Keuangan
Ria Anatasia
Konferensi Pers IBEX 2019 di Mandiri Club, Jakarta, Senin (4/11/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas) akan kembali menggelar Indonesia Banking Expo (IBEX) 2019 di Hotel Fairmont, Jakarta pada Rabu (6/11/2019) mendatang.

Pada perhelatan bertajuk “Consolidate to Elevate” itu, Perbanas akan memberikan rekomendasi pokok pokok pemikiran Layanaan Jasa Keuangan di Indonesia dalam menghadapi perubahan saat ini dan masa depan kepada Presiden Joko Widodo hingga key stakeholders terkait industri perbankan.

Jokowi juga dijadwalkan hadir untuk memberikan keynote speech dalam acara itu.

Baca: Alasan Jokowi Tak Terbitkan Perppu KPK Jadi Sorotan, Begini Kata Pakar Hukum Tata Negara

Baca: Bertemu Perdana Menteri India, Jokowi Dorong Konsep ASEAN Outlook on Indo Pacific

Baca: Akhir Cerita Perjuangan Demo Mahasiswa Desak Jokowi Terbitkan Perppu KPK

"Sebelum IBEX, pada September dan Oktober kita sudah selenggarakan 5 FGD dihadiri sekitar 10 orang perwakilan industri jasa keuangan dan regulator. Mereka cover berbagai macam topik untuk dapat pokok pikiran apa sih yang dibutuhkan industri jasa keuangan. Nanti pokok pikiran ini akan kita serahkan langsung ke presiden," kata Ketua Steering Committee IBEX 2019 Ahmad Siddik Badruddin dalam konferensi pers di Mandiri Club, Jakarta, Senin (4/11/2019).

Siddik mengatakan, penyelenggaraan IBEX telah berjalan selama 7 kali sejak 2011.

Pada tahun ini, Perbanas juga mengundang industri asuransi, multi-finance, perusahaan pembayaran dan perusahaan fintech untuk berpatisipasi dalam forum diskusi.

“Tidak seperti IBEX tahun-tahun sebelumnya, IBEX 2019 tidak hanya berupa seminar, tetapi juga akan memberikan sumbangsih mengenai Peluang dan Strategi Layanan Keuangan di Nusantara di masa depan agar semakin berperan dan berkontribusi dalam Mendorong Perekonomian Nasional,” kata Siddik.

BERITA TERKAIT

Bentuk sumbangsih tersebut, lanjut Siddik, akan diberikan dalam bentuk rekomendasi pokok-pokok pemikiran Industri Keuangan Indonesia 2025, yang disusun oleh Perbanas.

Selain bank, penyusunan buku rekomendasi tersebut juga melibatkan payment system, fintech, multi-finance, asuransi dan industri jasa keuangan lainnya lewat Focus Group Discussion (FGD) yang digelar pada September – Oktober 2019.

IBEX 2019, direncanakan akan dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo serta akan dihadiri juga oleh Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara, Deputi Gubernur Bank Indonesia Sugeng, dan Komisioner OJK, Heru Kristiyana yang nantinya akan membahas berbagai topik seperti “The indispensable roles of financial services to the nation”,”Inside Indonesia: Rethinking the social contract of financial services”, “Future of regulations” dan “a global view: Mastering the new realities in financial services”.

Selain itu, pada penyelenggaraan IBEX 2019, juga akan dilakukan sejumlah diskusi panel terkait Indonesia Banking 2025, The great debate between traditional banks, digital upstarts and investors, remaking the bank for ecosystem world and future of banking serta future of payments.

Diskusi panel tersebut akan diisi oleh para leader di industri keuangan seperti Direktur Utama Bank BRI, Sunarso, CEO Maybank Indonesia Taswin Zakaria, CEO Bank BCA Jahja Setiaatmadja, Komisioner OJK Heru Kristiyana, Global Head Strategy Paypal Alfonso Villanueva, Managing Director DBS Pearlyn Phau, President Traveloka Henry Hendrawan, CEO One Connect Financial Technology Bin Ru.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas