Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Kinerja Pelaku Bisnis Indonesia Disebut Paling Tinggi Se-Asean

Ada lonjakan ekspektasi di kalangan pelaku bisnis Indonesia atas keuntungan usaha mereka yang mencapai 84 persen

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Kinerja Pelaku Bisnis Indonesia Disebut Paling Tinggi Se-Asean
Tribun Jateng /Hermawan Handaka
Truk kontainer pengangkut peti kemas melintas area dermaga Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Senin (15/7/2019) sore. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Grant Thornton Indonesia menutup akhir tahun dengan mempublikasikan laporan terbaru tentang indeks pebisnis bertajuk International Business Report (IBR) semester II 2019.

Laporan kali ini menyebutkan ada lonjakan ekspektasi di kalangan pelaku bisnis Indonesia atas keuntungan usaha mereka yang mencapai 84 persen dari survei periode sebelumnya sebesar 70 persen.

Angka tersebut juga tercatat merupakan rekor tertinggi dari survei-survei IBR sebelumnya, serta jauh lebih tinggi dari angka rata-rata Asean dan Asia Pasifik masing-masing di angka 69 persen dan 54 persen.

"Ekspektasi pendapatan maupun keuntungan usaha yang positif melanjutkan tren kenaikan dari laporan di periode sebelumnya. Hal tersebut menunjukkan signal positif dari market atas perkiraan iklim usaha yang kondusif untuk 12 bulan kedepan," ujar Managing Partner Grant Thornton Indonesia Johanna Gani dalam keterangan tertulisnya, Jumat (27/12/2019).

Johanna menjelaskan, iklim bisnis dalam negeri yang cukup kondusif setelah pelantikan Presiden, serta pengumuman kabinet pemerintahan baru mendorong keyakinan pelaku bisnis untuk mendapatkan keuntungan lebih besar dalam 12 bulan ke depan.

Baca: Tiga Hal Tentang Cashless Society yang Perlu Diketahui

Tren positif tersebut juga diikuti dengan meningkatnya ekspektasi pendapatan pelaku bisnis Indonesia sebanyak 2 poin dari 85 persen pada laporan periode sebelumnya menjadi 87 persen pada periode kali ini.

BERITA TERKAIT

Selain itu, lanjut Johanna, optimisme pelaku bisnis Indonesia juga menempati posisi tertinggi kedua secara global setelah Vietnam dan berada di level 78 persen, jauh di atas rata-rata negara Asia Pasifik dan Asean yang masing-masing berada di level 56 persen dan 59 persen.

Sedangkan, kendala utama potensial untuk bisnis selama 12 bulan ke depan yakni ketidakpastian global ekonomi paling sering dikutip oleh responden dengan 44 persen.

"Sebagai risiko utama karena memberikan pengaruh yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi di dalam negeri. Namun, angka tersebut turun dari 55 persen pada semester II 2018," ujarnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas