Tribun Bisnis

Semester I, Radana Finance Bukukan Pendapatan Rp 56 M, Tekan Kerugian Lewat Efisiensi Biaya

Selama semester I 2020 perseroan masih mencatatkan kerugian bersih sebesar Rp 39 miliar

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Eko Sutriyanto
Semester I, Radana Finance Bukukan Pendapatan Rp 56 M, Tekan Kerugian Lewat Efisiensi Biaya
Istimewa
Public Expose Radana Finance di Jakarta, Jumat (28/8/2020) 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Perusahaan pembiayaan PT Radana Bhaskara Finance Tbk.(HDFA) berhasil membukukan pendapatan sebesar Rp 56 miliar di semester I 2020.

Nilai asset yang dibukukan tercatat mencapai Rp 952 miliar dengan nilai ekuitas di periode yang sama mencapai Rp 552 miliar dan nilai liabilitas Rp 400 miliar.

Namun kondisi pandemi Covid-19 membuat bisnis perseroan ikut tertekan.

"Selama semester I 2020 perseroan masih mencatatkan kerugian bersih Rp 39 miliar," ungkap Rizalsyah Riezky, Direktur Radana Finance di acara Public Expose Radana Finance 2020 di kantor pusat, Cibis Nine Building, Jl. TB Simatupang, Jakarta Selatan (28/8/2020).

Rizalsyah menjelaskan, perseroan berhasil mengurangi kerugian bersih dari sebelumnya sebesar Rp 105 miliar di periode sama tahun 2019.

Baca: Anak Muda Harus Terjun ke Sektor Pertanian, Peluang Bisnis Terbuka Lebar

Mengantisipasi kondisi industri pembiayaan dan perekonomian nasional yang kurang menguntungkan karena pandemi Covid-19, Perseroan telah menyiapkan berbagai langkah strategis.

Sejumlah langkah peningkatan kinerja terus digenjot. Antara lain Radana Finance terus melakukan langkah efisiensi di berbagai lini demi menekan berbagai beban biaya.

Baca: Perkuat Struktur Permodalan, Radana Finance Tinggalkan Otomotif, Garap Pembiayaan Syariah

Hasilnya, perseroan berhasil memangkas signifikan beban biaya dari Rp 266 miliar di semester I 2019 menjadi Rp 102 miliar di periode yang sama tahun ini.

Sejak 2019, perseroan telah menggeser portfolio bisnisnya dari pembiayan ke sektor konsumtif ke pembiayaan produktif di 2020. Langkah lainnya adalah dengan merestrukturisasi pinjaman nasabah.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas