Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Menhub: Tidak Ada Fakta yang Ditutupi Terkait Investigasi Jatuhnya Pesawat SJ182

Budi Karya Sumadi menyebutkan, dalam investigasi kecelakaan jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 tidak ada fakta yang ditutupi.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Menhub: Tidak Ada Fakta yang Ditutupi Terkait Investigasi Jatuhnya Pesawat SJ182
WARTAKOTA/Angga Bhagya Nugraha
Jenazah Captain Afwan, pilot korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Pondok Rajeg, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (30/1/2021). Mengantar kepergian Captain Afwan, belasan pilot dan pramugari serta pramugara turut hadir di pemakaman sang kapten tersebut. (Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebutkan, dalam investigasi kecelakaan jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 tidak ada fakta yang ditutupi.

"Kami tidak ada yang ditutup-tutupi terkait investigasi jatuhnya pesawat SJ 182, karena independensi harus terjaga dalam proses ini," ucap Budi Karya dalam rapat dengan pendapat bersama Komisi V DPR RI, Rabu (3/2/2021).

Terkait pernyataan Anggota Komisi V DPR RI Sudewo, yang menyebutkan bahwa mendengar adanya testimoni dari penumpang bahwa pesawat SJ 182 mengalami kerusakan dan harus mendivert penerbangan ke Palembang,

Menanggapi hal tersebut, Menhub Budi Karya menjelaskan, bahwa terkait pesawat divert ke tempat lain itu merupakan hal wajar dan itu lazim. Ia mengungkapkan, pernah mengalami divert pada pesawatnya, yang seharusnya mendarat di jakarta malah di Kualanamu.

"Kami tidak menutupi apa yang terjadi dengan jatuhnya SJ 18

Baca juga: Sriwijaya Air SJ 182 Tidak Meledak di Udara, KNKT Bantah Pesawat Full Stall saat Jatuh

2, dan nanti penyebab jatuhnya pesawat ini akan diketahui setelah flight data recorder (FDR) dan cockpit data recorder (CVR) telah diterjemahkan," ucap Budi Karya.

Baca juga: KNKT: Sriwijaya Air SJ 182 Tidak Meledak di Udara, Menhunjam ke Laut Baru Hancur

BERITA TERKAIT

Saat ini, lanjut Budi, Kementerian Perhubungan dan KNKT masih berusaha untuk menemukan CVR yang hilang agar dapat mengetahui penyebab jatuhnya SJ 182.

"Perekaman suara di kokpit pesawat ini bisa memvalidasi hasil analisis saat ini dan menjawab semua penyebab kecelakaan ini," ucap Budi Karya.

Kemudian hasil dari rapat dengan pendapat dengan Komisi V DPR RI ini, menegaskan Kementerian Perhubungan agar meningkatkan pengawasan dan pembinaan operator maskapai untuk keselamatan, keamanan dan kualitas pelayanan transportasi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas