Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pemerintah Diminta Tunda Pembangunan Ibu Kota Negara Tahun Ini, Fokus Tangani Pandemi

Pemerintah diminta menunda pembangunan Istana Kepresidenan di Ibu Kota Negara (IKN), hingga pandemi Covid-19 bisa ditanggulangi.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Sanusi
zoom-in Pemerintah Diminta Tunda Pembangunan Ibu Kota Negara Tahun Ini, Fokus Tangani Pandemi
/FACHMI RACHMAN
Pemandangan kawasan lahan PT ITCI Hutani Manunggal (IHM) di Desa Bumi Harapan, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur dari Ketinggian, Rabu (2/10/2019). Lahan HTI milik PT IHM ini rencananya akan menjadi salah satu lokasi pengembangan Ibu Kota Negara yang baru. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah diminta menunda pembangunan Istana Kepresidenan di Ibu Kota Negara (IKN), Kalimantan Timur, hingga pandemi Covid-19 bisa ditanggulangi.

"Pemerintah seharusnya menunda rencana pembangunan ibu kota negara di tahun ini, dan fokus pada penanganan Covid-19 beserta dampaknya," ujar Anggota Komisi XI DPR Anis Byarwati saat dihubungi, Rabu (17/3/2021).

Menurut Anis, saat kondisi di dalam negeri belum dilanda pandemi Covid-19, proyek ibu kota negara telah menuai kontroversi di masyarakat karena dianggap tidak memikirkan dampak ekonomi yang signifikan.

Apalagi di saat munculnya wabah Covid-19, yang menekan semua sektor-sektor ekonomi.

"Kita belum tahu kapan Covid-19 ini berakhir, dan dampak ekonominya membutuhkan waktu yang tidak singkat untuk memulihkannya kembali," tutur politikus PKS itu.

Ekonom Core: Pembangunan Ibu Kota Baru di Tengah Pandemi Dapat Bangkitkan Ekonomi

BERITA REKOMENDASI

Di sisi lain, Direktur Riset Center of Reform on Economics (Core) Indonesia Piter Abdullah menyebut, pembangunan infrastruktur yang diinisiasi pemerintah, termasuk Istana Kepresidenan di ibu kota negara sangat dibutuhkan untuk menggerakan roda ekonomi.

"Di tengah pandemi saat ini, justru pemerintah harus terus menginisiasi berbagai proyek untuk menggerakkan ekonomi," kata Piter saat dihubungi, Rabu (17/3/2021).

Menurut Piter, investasi dari swasta pada saat ini mengalami penurunan yang drastis, akibat masih berlanjutnya pandemi Covid-19 di berbagai daerah.

"Investasi swasta banyak yang tertunda. Kalau pemerintah juga menunda proyek-proyeknya, perekonomian tidak bergerak," ujarnya.

"Ujungnya pertumbuhan ekonomi akan terkontraksi tambah dalam, dan masyarakat akan semakin tertekan," sambungnya.

Piter pun menyakini, jika pemerintah melanjutkan proyek infrastruktur yang telah dicanangkan, maka bisnis perusahaan swasta akan turut bergeliat.

"Tugas pemerintah menjaga agar perekonomian terus berputar, menciptakan lapangan kerja, dan memberikan income. Ketika pemerintah melanjutkan proyek ini, swasta pasti akan ikut di dalamnya," papar Piter.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas