Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

GAPMMI : Makin Banyak Penyedia Teknologi Bisa Dongkrak Efisiensi Industri Mamin

Pemerintah sudah mulai melakukan upaya-upaya strategis untuk meningkatkan efisiensi dan daya saing sektor makanan dan minuman

Penulis: Lita Febriani
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in GAPMMI : Makin Banyak Penyedia Teknologi Bisa Dongkrak Efisiensi Industri Mamin
ist
Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI) Adhi S Lukman 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perindustrian terus mendorong implementasi era Industri 4.0 lewat program Making Indonesia 4.0.

Program Making Indonesia 4.0 sendiri telah memilih lima industri prioritas yakni industri makanan dan minuman (mamin), tekstil dan pakaian, otomotif, kimia dan elektronik.

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) Adhi S. Lukman, mengatakan Pemerintah sudah mulai melakukan upaya-upaya strategis untuk meningkatkan efisiensi dan daya saing sektor Mamin.

"Segala upaya strategis dilakukan pemerintah seiring dengan penerapan teknologi Industri 4.0, baik dari segi produksi maupun utilitas pabrik," ungkap Adhi, Senin (12/4/2021).

Kesiapan industri dalam menerapkan Making Indonesia 4.0 pun terus diukur melalui Indonesia Industry 4.0 Readiness Index (INDI 4.0), yang menilai lima pilar utama yakni manajemen dan organisasi, sumber daya manusia dan budaya, produk dan layanan, teknologi dan operasional pabrik.

Baca juga: Wamentan Tinjau Pabrik Pupuk Kaltim, Pastikan Stok Pupuk Subsidi Aman saat Musim Tanam Kedua

Per tahun 2019, terdapat 323 perusahaan yang berpartisipasi dalam penilaian INDI 4.0 dan 39 diantaranya berasal dari industri Mamin. 

BERITA TERKAIT

"Pada 2019, industri mamin mencapai 62 persen dari total skala penilaian INDI 4.0. Salah satu tantangan terbesarnya, yang jika berhasil diatasi akan mendongkrak hasil yang lebih baik, adalah ketersediaan penyedia teknologi yang dapat mendukung operasional industri dalam mengimplementasikan Industri 4.0," tutur Adhi.

Sebagian besar pelaku bisnis belum bisa sepenuhnya menerapkan praktek Industri 4.0. 

Menurut Adhi, penyebab utamanya adalah keterbatasan teknologi yang tersedia saat ini, baik untuk perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software).

"Kurangnya penyedia teknologi yang andal di Indonesia membuat perusahaan harus menunggu lebih lama untuk mendapatkan teknologi yang dibutuhkan dan ini bisa mengakibatkan hilangnya peluang secara signifikan," ungkap Adhi.

Adhi menambahkan, membuka akses terhadap penyedia teknologi dari negara-negara lain seperti Singapura, Selandia Baru, Taiwan, Jepang dan seterusnya akan sangat bermanfaat dalam mempercepat praktik Industri 4.0 bagi sektor Mamin.

Baca juga: Grab Bentuk Dana Abadi Rp4 Triliun, Jangka Pendek Digunakan Untuk Ikut Tangani Pandemi COVID-19

Ambil contoh Selandia Baru, negara ini telah banyak memanfaatkan perpaduan teknologi yang menggabungkan aspek fisik, digital dan cyber-physical pada industri mereka.

Badan penggerak inovasi Selandia Baru membuka peluang bagi para pelaku bisnis untuk memanfaatkan teknologi pintar (smart technology), dengan menawarkan beragam layanan "starter pack" untuk membantu menerapkan teknologi-teknologi baru tersebut, serta memahami berbagai manfaat yang bisa didapatkan.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas