Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Analis Sebut PNS Bisa Gunakan THR Lebaran untuk Dapat Cuan Dividen Saham

Lebih baik jika PNS bisa mengoleksi saham sebelum cum date atau tanggal terakhir bagi investor yang ingin membeli saham dan berhak mendapatkan dividen

Penulis: Yanuar R Yovanda
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Analis Sebut PNS Bisa Gunakan THR Lebaran untuk Dapat Cuan Dividen Saham
Tribunnews/Jeprima
Petugas teller PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menghitung uang kertas di Kantor Cabang Bank BTN Jakarta Harmoni, Jakarta Pusat, Senin (18/5/2020). Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji Gusta Utama menyebutkan bahwa Pegawai Negeri Sipil (PNS) bisa menggunakan tunjangan hari raya (THR) untuk dapat keuntungan atau cuan dari dividen saham

Nafan menjelaskan, ada beberapa emiten mematok cum date dividen sejak pekan ini di momen jelang Lebaran yakni PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG), PT Siloam International Hospital Tbk (SILO), PT Vale Indonesia Tbk (INCO), PT AKR Corporindo Tbk (AKRA), dan PT Kimia Farma Tbk (KAEF). 

"Ini sifatnya jangka panjang menikmatinya. Misal jika emiten bagi-bagi dividen sekarang ya lumayan meski yield-nya tidak signifikan," ujarnya saat dihubungi Tribunnews, Jumat (7/5/2021). 

Menurut dia, lebih baik lagi jika PNS bisa mengoleksi saham sebelum cum date atau tanggal terakhir bagi investor yang ingin membeli saham dan berhak mendapatkan dividen. 

Baca juga: THR PNS Sudah Cair? Analis Sarankan Cemplungkan ke Saham Ketimbang Cuma Ditabung

"Selama diakumulasi periode sebelumnya (cum date) bisa dapat kinerja signifikan dari dividen. Tergantung waktu nvestor dalam membeli sahamnya," kata Nafan. 

Baca juga: Tidak Cuma Bayar Utang, THR PNS Bisa Jadi Modal Investasi 

Dia menambahkan, jika PNS dapat beli saham di harga murah maka semakin bagus jika mengharapkan dividen karena jumlahnya bisa lebih besar. 

BERITA TERKAIT

"Semakin besar dapat lot di harga murah, semakin besar dividennya. Potensi dividen bisa dilihat di IDX HIGH DIVIDEN 20, pokoknya dividen lebih untung dari deposito," pungkas Nafan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas