Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

BRI Ventures Jadi Salah Satu Investor Keuangan Mikro di Aplikasi Grab

Kemitraan strategis ini diyakini bisa memajukan UMKM di Indonesia karena BRI Ventures akan membuka peluang lebih baik bagi pelaku UMKM.

BRI Ventures Jadi Salah Satu Investor Keuangan Mikro di Aplikasi Grab
HANDOUT
Country Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi dan CEO BRI Ventures, Nicko Widjaja di acara Velocity Batch 4 X Sembrani Wira, Rabu (9/6/2021).  

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Super Apps Grab dan BRI Ventures menjalin kemitraan dalam pengembangan bisnis mikro dan bank digital.

Aplikasi rintisan Anthony Tan itu mengonfirmasi bahwa BRI Ventures menjadi salah satu investor strategis Grab. BRI Ventures adalah perusahaan modal ventura milik Bank BRI atau lembaga keuangan mikro terbesar di dunia dan bank digital terkemuka di Indonesia.

Kemitraan strategis ini diyakini bisa memajukan UMKM di Indonesia karena BRI Ventures akan membuka peluang lebih baik bagi pelaku UMKM.

“Kami melakukan investasi strategis ke Grab, dimana kami melihat, Grab sebagai salah satu perusahaan teknologi terkemuka di Asia Tenggara telah banyak membuka jalan bagi startup dan UMKM untuk lebih maju," ujar CEO BRI Ventures, Nicko Widjaja, Rabu (9/6/2021).

Nicko juga mengungkapkan kemitraan ini sejalan dengan tujuan pihaknya untuk mempercepat inklusi keuangan dan ekonomi digital Indonesia melalui pemberdayaan ekosistem startup.

Baca juga: Dorong UMKM Jabar Go Digital, Shopee dan Pemprov Jabar Berkolaborasi Bangun Shopee Center

Kolaborasi ini diharapkan akan menguatkan ekosistem UMKM Grab dan jangkauan Bank BRI yang luas di seluruh Tanah Air untuk membantu percepatan pengembangan ekonomi digital di Tanah Air.

Baca juga: Cerita Sukses Pengusaha Kuliner Tarakan Raup Omset Puluhan Juta Rupiah Bareng GrabFood

"Dapat dilihat dari sinergi yang selama ini telah dilakukan, dimana membuahkan hasil yang luar biasa. Semoga kemitraan ini mempercepat pengembangan ekonomi digital di Indonesia,” tambah Nicko.

Pesan optimisme juga dikatakan Country Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi, mengatakan, UMKM adalah tulang punggung ekonomi Indonesia. Untuk itu Grav hadir untuk membantu mereka berkembang di era digital, sekaligus memainkan peran penting dalam pemulihan ekonomi bangsa.

Baca juga: Cara Daftar GoFood Mudah dan Lengkap, Gratis Tanpa Biaya Pendaftaran Lewat Aplikasi GoBiz

"Kami merasa sangat terhormat dapat bermitra dengan BRI Ventures dalam upaya ini dan tidak sabar untuk bertemu dengan para startup terpilih tahun ini. Kami berterima kasih atas dukungan dan kepercayaan BRI Ventures. Kami melihat mereka sebagai mitra penting dalam misi kami untuk melayani Indonesia,” kata Neneng.

Baca juga: Samsung Galaxy M62 Bisa Buat Main Game 19 Jam Nonstop, Streaming Video Bisa Multiplatform

Sebelumnya pada Mei 2020, Grab dan Bank BRI meluncurkan fasilitas pinjaman bunga rendah untuk merchant GrabFood dan Agen GrabKios, serta mitra pengemudi Grab. Mitra pengemudi mendapatkan akses kredit Bank BRI hingga Rp 5 Juta dan juga mendapatkan manfaat dari asuransi kecelakaan diri.

Berkat kemitraan ini, Grab dan Bank BRI juga menyalurkan Pinjaman Modal Kerja Kredit Usaha Rakyat (KUR) hingga Rp 50 juta atau sebesar US$ 3,447 dengan bunga 6 persen kepada merchant GrabFood dan agen GrabKios.

Pinjaman KUR tersebut adalah bagian dari Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pemerintah Indonesia. Selain itu, banruan KUR disalurkan untuk memastikan kelangsungan bisnis dan mendukung penyerapan tenaga kerja selama pandemi.

Ikuti kami di
Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas