Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Bank Mandiri Kucurkan Kredit Talangan Rp 200 Miliar ke Vendor KAI

Pembiayaan kredit Rp 200 miliar tidak menutup kemungkinan akan terus bertambah, seiring berkembangnya kerja sama kedua belah pihak.

Bank Mandiri Kucurkan Kredit Talangan Rp 200 Miliar ke Vendor KAI
WARTA KOTA/WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN
UANG TUNAI BANK MANDIRI - Karyawan sedang merapikan tumpukan uang tunai pecahan kecil dan besar di cash pooling Bank Mandiri, Jalan Gatot Subroto, Jalarta Selatan, Jumat (7/5/2021). Bank Mandiri menyiapkan net kebutuhan uang tunai sebesar Rp20,8 triliun atau naik 9,4% yoy untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai di masyarakat pada 19 April - 16 Mei 2021 saat periode libur Idul Fitri 1442 H. Perkiraan tersebut juga telah memperhitungkan proyeksi kenaikan pengisian kas ATM sebesar 11,3% menjadi Rp44,5 triliun atau sebesar Rp1,59 triliun per hari pada periode tersebut. WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Bank Mandiri memberikan pembiayaan kredit talangan (KRETA) kepada supplier atau vendor dari KAI senilai Rp 200 miliar.

Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Susana Indah K Indriati mengatakan, inisiatif pembiayaan value chain ini diharapkan dapat membantu supplier dari KAI dalam mendapatkan percepatan penerimaan pembayaran.

Menurutnya, pembiayaan kredit Rp 200 miliar tidak menutup kemungkinan akan terus bertambah, seiring berkembangnya kerja sama kedua belah pihak.

"Kerja sama yang terjalin akan menjadi benefit bagi supplier untuk menjaga likuiditas keuangan demi kelancaran kualitas pengadaan barang maupun jasa kepada Kereta Api," kata Indah dalam keterangannya, Selasa (15/6/2021).

Selain itu, Bank Mandiri juga menyetujui perpanjangan jangka waktu fasilitas Kredit Jangka Pendek senilai Rp 2 triliun dan Fasilitas Non Cash Loan sebesar Rp 2 triliun.

Baca juga: Bank Mandiri Salurkan KUR Rp 4,32 Triliun Hingga Mei 2021

"Kedua fasilitas digunakan untuk membiayai operasional perusahaan," ucapnya.

Direktur Keuangan KAI Salusra Wijaya menjelaskan, kerja sama antara KAI dan Bank Mandiri ini merupakan sinergi BUMN yang penting dalam rangka mendukung keuangan para supplier atau vendor yang KAI pada masa pandemi Covid-19.

"Dukungan ini kami berikan kepada para supplier dan vendor perusahaan, termasuk para UMKM, yang selama ini menjadi mitra KAI dalam hal penyediaan barang dan jasa perusahaan," kata Salusra.

Dengan likuiditas perusahaan yang baik, dia menambahkan, para mitra diharapkan dapat mendukung penuh berbagai kebutuhan KAI dalam rangka membantu memulihkan kinerja perkeretaapian nasional.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas