Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Strategi One Village One Product Ajak IKM Fokus Garap Pasar Luar Negeri

Saat ini masih ada pasar yang sangat menjanjikan untuk produk kerajinan di luar negeri.

Strategi One Village One Product Ajak IKM Fokus Garap Pasar Luar Negeri
Istimewa
Kementerian Perindustrian melalui Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka Gati Wibawaningsih bersama Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri Doddy Rahadi melakukan kunjungan kerja ke PT Sentral Kreasi Kencana (SKK Jewels) pada Jumat (7/5/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Program pembinaan Industri Kecil dan Menengah atau IKM dengan sistem One Village One Product (OVOP) akan fokus mendorong mereka untuk untuk go global menggarap pasar luar negeri.

"Kegiatan pembinaan IKM melalui pendekatan OVOP fokus pada aspek yang dapat mendorong IKM go global, khususnya akses pasar, peningkatan citra dan inovasi pengembangan produk yang berorientasi pada permintaan pasar," tutur Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih, saat sosialisasi OVOP secara virtual, Kamis (15/7/2021).

Saat ini meskipun pasar yang menjanjikan adalah pasar APBN, APBD, ataupun pasar dari BUMN, di luar itu ada pasar yang sangat menjanjikan untuk produk kerajinan di luar negeri.

Baca juga: Begini Strategi Founder Shopatblow Bantu Perajin Sepatu Lokal Genjot Pemasaran

"Kita tahu produk kerajinan Indonesia tidak kalah dengan negara lain, itu adalah pasar ekspor. Kami sangat mengharapkan dan sangat mengapresiasi kehadiran LPEI. Minta tolong nanti teman-teman dari LPEI, tolong para IKM di-support untuk pembiayaan mereka supaya nanti ekspornya bisa lebih bagus lagi," ungkap Gati.

Baca juga: LPEI Genjot Ekspor Kopi Melalui Desa Devisa

Kementerian Perindustrian memperkenalkan program OVOP yang baru dengan berbagai perubahannya dan diharapkan dapat memberikan gairah bagi Pembinaan IKM di daerah.

"Agar daerah mengusulkan IKM kebanggaan daerahnya yang memenuhi kriteria dan persyaratan sebagai IKM OVOP," terang Gati.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas