Tribun Bisnis

Dalam Sehari, Shopee Catat Ada 50 Ribu Produk Lokal Laris di Pasar Internasional

Perusahaan e-commerce Shopee mencatat sebanyak 180 ribu penjual lokal dalam kategori UMKM di platform-nya, telah berhasil

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Dalam Sehari, Shopee Catat Ada 50 Ribu Produk Lokal Laris di Pasar Internasional
istimewa
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberi apresiasi kepada Shopee karena kembali menghadirkan Kampus UMKM Shopee di Jawa Tengah, tepatnya di Semarang. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perusahaan e-commerce Shopee mencatat sebanyak 180 ribu penjual lokal dalam kategori UMKM di platform-nya, telah berhasil melakukan ekspor ke beberapa negara.

Head of Government Relations Shopee Indonesia, Balques Manisang mengatakan, beberapa negara tersebut diantaranya adalah Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand dan Vietnam.

Bahkan pada pertengahan tahun 2021, Shopee juga mulai membantu UMKM memasarkan produk hingga ke negara Amerika Latin yaitu Brasil.

Hingga Juli 2021, beragam produk lokal laris di pasar internasional, dengan total penjualan harian sebanyak 50 ribu produk setiap harinya melalui platform Shopee.

Baca juga: Raih Rp 21,9 T Dari IPO, Bukalapak Rencanakan untuk Ini

Balques menuturkan, hal tersebut tentunya sejalan dengan tujuan ekspor pemerintah demi meningkatkan perdagangan ke pasar non-tradisional.

“Dengan terus bertambahnya destinasi ekspor ke berbagai negara, diharapkan dapat merangkul semakin banyak pelaku UMKM tanah air untuk unjuk gigi ke pasar dunia,” ucap Balques dalam webinar, Senin (16/8/2021).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), angka ekspor nasional di bulan Juni 2021 mengalami kenaikan sebesar 54,46 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Lonjakan di sektor ekspor nonmigas, khususnya, memberikan gambaran optimisme bagi program ekspor Shopee untuk berkontribusi terhadap peningkatan tren ini.

Baca juga: Ini Lima Produk Elektronik Paling Laku di Platform E-Commerce Tokopedia

Maka dari itu, Shopee terus berupaya membawa UMKM naik kelas agar mampu menaikkan ekspor nasional dengan cara meningkatkan kapasitas UMKM yang berorientasi ekspor.

Sehingga tentunya mampu menciptakan eksportir baru dari UMKM.

Berbagai program dari hulu ke hilir dihadirkan untuk mendukung UMKM agar dapat ekspor.

Mulai dari edukasi, pelatihan, dan pendampingan secara online melalui program Kampus Shopee.

Baca juga: Pastikan Ojol Tetap Bisa Narik Saat PPKM Darurat, Gojek Beri STRP ke Seluruh Mitra Pengemudi

Pada tahun 2021, Shopee menghadirkan Kampus UMKM Shopee Ekspor di Solo, Bandung dan Semarang dengan berbagai fasilitas dan layanan ekstensi untuk pelaku UMKM di kota tersebut.

Para pelaku UMKM akan mendapatkan pendampingan bisnis digital dan menjadi bagian dari Program Ekspor Shopee.

“Kami akan terus mendukung pertumbuhan UMKM agar mampu bersaing di kancah global melalui berbagai pengembangan inovasi dan program,” ucap Balques.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas