Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

23 Tahun Berkarya, KSP Nasari Luncurkan Super Apps Koperasi Digital Pertama di Indonesia

KSP Nasari telah melakukan transformasi digital melalui super apps koperasi digital sebagai upaya untuk rebranding menuju koperasi digital.

Penulis: Hasanudin Aco
Editor: Dewi Agustina
zoom-in 23 Tahun Berkarya, KSP Nasari Luncurkan Super Apps Koperasi Digital Pertama di Indonesia
Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno pada acara Nasari Bagi Indonesia yang berlangsung secara virtual,  Sabtu (2/10/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menginjak usianya yang ke-23 tahun, Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Nasari melawan stigma negatif dengan membuktikan diri bahwa koperasi tidak lagi dipandang sebelah mata, yakni dengan diluncurkannya super apps Koperasi Digital Pertama di Indonesia.

Dalam acara dengan tema Koperasi Modern, UMKM Tangguh, Pariwisata Bangkit ini Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendukung penuh terobosan KSP Nasari.

Dalam sambutannya, Sandiaga mengatakan, untuk merespon transformasi ekonomi global di era digital, Kemenparekraf melakukan digitalisasi UMKM pariwisata dan ekonomi kreatif guna mempermudah UMKM memasuki rantai pasok global.

Menurut Sandiaga, program digitalisasi UMKM ini bertujuan untuk mendorong para pelaku usaha parekraf dalam melakukan kegiatan perniagaan mulai dari promosi, distribusi hingga transaksi dari berbagai produk.

"Di masa adaptasi kenormalan baru saya berharap UMKM parekraf tidak berjalan sendiri-sendiri, namun dengan berkolaborasi dalam satu wadah seperti koperasi agar mendapat keuntungan bersama mengingat koperasi dapat mendukung berbagai aspek rantai pasok jasa, mulai jasa transportasi, jasa pemesanan, penyediaan vitamin dan memasok bahan pangan, hingga bahan baku untuk hotel, restoran, café dan sebagainya," ungkapnya di acara Nasari Bagi Indonesia yang berlangsung secara virtual,  Sabtu (2/10/2021).

KSP Nasari, lanjut Sandiaga, telah melakukan transformasi digital melalui super apps koperasi digital sebagai upaya untuk rebranding menuju koperasi digital yang modern.

Baca juga: Pesan Wapres untuk Dorong Pengembangan UMKM Berorientasi Ekspor

Selain itu, upaya membangun SDM pariwisata juga dilakukan KSP Nasari melalui Akademi Pariwisata ULCLA Toba Tarutung untuk mencapai pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan.

BERITA TERKAIT

"Besar harapan kami Akademi Pariwisata ULCLA menjadi pemeran utama terutama di kawasan Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata super prioritas kelas dunia," tambahnya.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam sambutannya dalam video conference turut menegaskan bahwa Pemerintah berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur telekomunikasi dan informasi yang mutlak diperlukan guna mendukung transformasi digital.

KemenkopUKM menargetkan 100 koperasi modern dan koperasi digital 2021.

Koperasi juga diharapkan mampu meningkatkan kontribusi terhadap PDB per tahun mencapai 5,1 sampai 5,4 persen pada tahun 2024.

"Sudah saatnya koperasi mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan dan melakukan transformasi digital. Saudara-saudara harus merubah citra koperasi menjadi lebih modern baik dalam pengelolaan usaha, pelayanan anggota serta akses pembiayaan," ujar Wakil Presiden.

Wapres berharap kegiatan ini serta dukungan yang diberikan oleh pemerintah dapat membangkitkan semangat koperasi di seluruh Indonesia dalam melakukan transformasi dan bersinergi dengan seluruh pelaku UMKM agar terus memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat dan ekonomi nasional.

"Saya berharap kegiatan ini menjadi terobosan untuk membangkitkan semangat dan motivasi bagi seluruh koperasi dalam menerapkan teknologi digital sehingga seluruh koperasi dan pelaku UMKM dapat terus berusaha dan mampu bangkit untuk menggerakan kegiatan ekonomi masyarakat guna mendukung pemulihan ekonomi nasional," ucap Wapres.

Baca juga: Gandeng Koperasi, Wihrasa Group Dukung Pemberdayaan Petani Kopi

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas